Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Laba Jaringan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-Hari

bang2 sutara, Setelah sebelumnya kita membahas wacana pengertian dan fungsi dari jaringan komputer. Membicarakan problem jaringan komputer, tentunya kita sudah paham betul dengan istilah yang satu ini.

Terlepas dari segala kecanggihan yang ada, tanpa kita sadari bahwa jaringan komputer ini mempunyai banyak manfaat  dan laba di dalam aneka macam aspek kehidupan sehari – hari kita, dan tanpa kita sadari juga donasi jaringan komputer ini telah menunjukkan dan melaksanakan perubahan pada dunia pendidikan dan dunia bisnis untuk dikala ini.

pada kesempatan ini bang2 sutara akan mencoba memaparkan dan menjelaskan manfaat serta laba yang dimiliki oleh jaringan komputer.

 Setelah sebelumnya kita membahas wacana pengertian dan fungsi dari jaringan komputer Manfaat dan Keuntungan Jaringan Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Dan Keuntungan Jarinngan Komputer

1. Dilihat dari segi pendidikan

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kehadiran teknolgi dikala ini, tidak terkecuali hadirnya jaringan komputer ini telah banyak menunjukkan dampak faktual dan kemajuan bagi dunia pendidikan, hal ini bisa kita lihat dari perubahan system dunia pendididkan , muali dari cara penerimaan calon siswa gres yang sudah menggunakan basic online, update kurikulum yang sudah menggunakan system online serta susukan lainnya yang sudah menggunakan basic online dengan menggunakan metode website


2. Dilihat dari segi keamanan data dan segi ekonomis

Pada jaringan Jaringan komputer, selain bermanfaat untuk dunia pendidikan, sisatem jaringan komputer ini juga sanggup mengurangi suatu biaya pengadaan perangkat lunak (software) alasannya ialah aneka macam potongan dan aneka macam event lainnya yang diberikan oleh pengembang kalau membeli perangkat lunak untuk digunakan pada suatu jaringan. 

Selain laba finansial, perlu anda ketahui gotong royong pemutakhiran suatu perangkat lunak sanggup dilakukan dengan cepat dan tanpa harus memerlukan suatu instansi / forum khusus untuk melaksanakan proses tersebut, itu semua dikarenakan system yang satu ini cukup dilakukan sekali saja, yaitu di komputer server yang mana anda cukup mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan oleh pengembang perangkat lunak tersebut.

Jaringan komputer  juga sangat memungkinkan penerapan kebijakan keamanan jaringan komputer yang terpadu dan seragam yang bisa meningkatkan suatu keamanan pada perangkat komputer yang anda miliki.

File dan perangkat lunak sanggup ditandai sebagai salah satu “rahasia” atau “memang tidak boleh untuk dipindahkan maupun dilakukan sebuah penyalinan ” sehingga mengurangi risiko pembobolan yang dilakukan oleh pihak - pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab maupun pembuatan salinan secara illegal yang sanggup dilakukan oleh pihak yang tidak mempunyai kewenangan sama sekali.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan dan memanfaatkan kemudahan security keys atau yang sering kita kenal dengan password / kata sandi yang mana kemudahan ini juga sanggup diberlakukan untuk melindungi jaringan komputer dari susukan yang tidak diinginkan dari orang-orang yang tidak berhak untuk melaksanakan suatu susukan pada perangkat komputer yang anda miliki


Baca Juga Artikel Lainnya : 


3. Dilihat dari segi efektifitas dan efisiensi
Jika dilihat dari segi efektifitas dan segi efisiensnyai, jaringan komputer sendiri sanggup dikelompokan menjadi beberapa bagian, berikut ini ialah beberapa bab dari jaringan komputer tersebut :
  •  Berbagi Sumber Daya (Resource Sharing)
    Pada bab yang pertama ini anda bisa melihat dan mengetahui bahwasannya jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu pusat dari kegiatan menyebarkan sumber daya dalam satu jaringan yang didalam strukturnya sendiri telah di atur sedemikian rupa sehingga membentuk suatu jaringan / komunitas didalam suatu wilayah / ruangan, dalam problem ini kita bisa ambil rujukan menyerupai koneksi jaringan Internet, menyebarkan pakai printer, dan lain-lain, yang mana semua kemudahan tersebut sanggup digunakan secara bersama-sama dalam waktu yang sama juga dan tidak ada batasan tertentu kecuali jaringan tersebut mengalami trouble shoot.

    Misalnya pada sebuah jaringan komputer yang mempunyai 30 perangkat komputer atau bahkan, maka anda tidak  perlu menyediakan satu printer untuk setiap perangkat komputer tersebut, tetapi anda hanya Cukup menyediakan satu atau beberapa printer saja yang terhubung ke jaringan untuk digunakan secara bersama-sama.
  • Berbagi File  (File Sharing)
    Istilah kedua ini, mungkin bagi anda bukan menjadi hal yang absurd untuk dibahas lagi, dengan memanfaatkan suatu jaringan komputer, anda juga bisa memudahkan pengguna komputer lainnya untuk melaksanakan aneka macam aktifitas yang diantaranya menyerupai melaksanakan kegiatan menyebarkan file menyerupai file gambar, file video, file musik, file dokumen, dan menyebarkan lembar kerja.

    Pada pada dasarnya anda menciptakan suatu wadah penampungan menyerupai folder sharing dimana didalam sistemnya folder tersebut telah anda atur untuk bisa digunakan dan diakses secara bersama – sama dalam suatu jaringan komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet
  • Berbagi Aplikasi (Application Sharing)
    Perlu anda ketahui salah satu laba jaringan komputer dengan menyebarkan aplikasi yang diinstal pada satu atau lebih dari komputer juga sanggup digunakan secara bersama-sama. Seperti halnya dengan data sharing, tetapi kemampuan fitur yang satu ini hanya bisa anda gunakan untuk melaksanakan application sharing yang dimana tujuan dari fitur ini ialah supaya sanggup menghemat pemakaian media storge harddisk. 

  • Selain itu juga, memungkinkan pamakaian perangkat lunak [software] yang mempunyai versi yang sama. Permainan  komputer yang mempunyai kategori multi player merupakan salah satu rujukan yang sangat terkenal dari perangkat lunak yang bisa dilakukan metode menyebarkan aplikasi .


Keuntungan dan Keuntungan Jaringan Komputer Secara Garis Besar

  • Dapat saling menyebarkan (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama menyerupai hard disk, printer, modem, dan lain sebagainya tanpa harus memindahkan peralatan-peralatan tersebut kepada yang membutuhkan.
  • Dapat saling menyebarkan (sharing) penggunaan file atau data yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  • Komunikasi antar pemakai melalui e-mail atau LAN Conference.
  • Aplikasi sanggup digunakan bersama-sama secara bersamaan (multiuser).
  • Akses ke jaringan menggunakan nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna mempunyai otorisasi.
  • Pengontrolan pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan sanggup melaksanakan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  • Mudah dalam melaksanakan backup data, alasannya ialah administrasi yang tersentralisasi.
  • Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnya tidak ada) alasannya ialah penyimpanan data tersentralisasi dengan adanya sharing data.
  • Data yang selalu up to date alasannya ialah server senantiasa memutakhirkan data bergitu ada input (Data Entry) diterima.
  • Seorang supervisor/administrator sanggup melaksanakan pengontrolan pemakai bersasarkan: waktu akses, daerah akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, monitor pekerjaan setiap pemakai.