Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Klarifikasi Teknologi Jaringan Komputer

bang2 sutara , Pesatnya kemajuan teknologi dikala ini memang sudah tidak bisa kita bendung lagi,  hal ini dikarenakan dikala ini memang kejayaan teknologi sedang berada pada puncaknya, terlebih bidang teknologi pada komputer. Sudah bisa kita lihat sendiri kehadiran komputer pada dikala ini memang sudah sangat menghipnotis kehidupan kita baik itu didalam segi untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari maupun dilihat dari segi pendidikan, terlebih kalau perangkat komputer tersebut telah dirancang menjadi sebuah jaringan komputer.

Berbagai penemuan terbaru di bidang teknologi jaringan komputer pun dari tahun ketahun semakin pertanda kemajuan yang sangat pesat dan tentunya telah didukung dengan fitur dan kemampuan yang sangat canggih sehingga sangat memungkinkan para pengguna komputer sanggup melaksanakan banyak sekali kegiatan sehari - harinya hanya dengan memakai perangkat komputer.

Baca Juga Artikel Lainnya :

 Pesatnya kemajuan teknologi dikala ini memang sudah tidak bisa kita bendung lagi Pengertian dan Penjelasan Teknologi Jaringan Komputer

Penjelasan Teknologi Jaringan Komputer

Teknologi adalah  suatu pengetahuan yang berbasis ilmiah dimana tujuan adanya teknologi ini ialah sebagai salah satu upaya untuk melaksanakan sesuatu atau untuk meningkatkan suatu cara dalam melaksanakan sesuatu hal, dimana pengetahuan ilmiah disini merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memang bersahabat kaitannya dengan suatu penemuan dan suatu penggunaan sarana yang mempunyai kekerabatan dengan lingkungan serta kehidupan sosial.

Sedangkan jaringan komputer ialah salah satu cara yang digunakan untuk sanggup menggabungkan anatar satu komputer dengan komputer yang lainnya dengan tujuan bisa melaksanakan sebuah komunikasi dengan memanfaatkan media transmisi kabel jaringan ataupun jaringan tanpa kabel sekalipun hingga bisa menjadi suatu koloni komputer yang saling berkaitan didalam satu area.


Dari kedua pengertian diatas sudah bisa kita tarik sebuah kesimpulan bahwa teknologi jaringan komputer ialah salah satu cara untuk memakai suatu pengetahuan ilmiah biar sanggup meningkatkan suatu cara ataupun menemukan suatu cara serta penemuan suatu alat yang bida menghubungkan suatu komputer dengan perangkat komputer lainnya hingga menjadi suatu rangkaian dalam suatu area dimana tujuan awalnya biar komputer yang terdapat pada area tersebut bisa melaksanakan atau menjalin suatu komunikasi , menyebarkan file dan gosip serta ditujukan untuk mempermudah suatu pekerjaan.

Perlu anda ketahui juga bahwa perkembangan teknologi menyerupai komputer, telepon serta jaringan internet telah memperlihatkan suatu perubahan yang sangat signifikan akan kehidupan sehari – hari dimana dengan adanya  teknologi ini sangat memungkinkan mengurangi suatu kendala fisik untuk melaksanakan komunikasi dimana pada duduk perkara ini kita sebagai pengguna teknologi ini bisa melaksanakan suatu interaksi atau komunikasi dengan bebas tanpa adanya halangan waktu dan jarak serta bisa dilakukannya secara bebas dengan melihat skala global.

Namun tujuan awal dari pembuatan jaringan komputer ini sendiri ialah untuk membangun suatu akomodasi dimana didalamnya pengguna bisa melaksanakan kegiatan menyebarkan sumber daya dan bisa melaksanakan pertukaran data / dokumen dan  menyebarkan suatu gosip serta bisa juga melaksanakan menyebarkan pakai perangkat keras menyerupai printer yang bisa digunakan secara bersamaan dalam satu jaringan komputer tersebut.

Untuk memperjelas pembahasan diatas, bisa kita simpulkan secara garis besarnya bahwa teknologi jaringan komputer ialah suatu cara dimana para pengguna teknologi bisa melaksanakan suatu komunikasi serta bisa memfasilitasi suatu komunuikasi melalui pembangunan perangkat – perangkat komputer.


Sejarah Teknologi Jaringan Komputer

Periode Tahun 1940-an

Sejarah teknologi jaringan komputer pada awalnya bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di negara Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin oleh seorang profesor berjulukan Howard Aiken.

Pada mulanya proyek tersebut hanya ditujukan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus digunakan secara bersamaan.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong, maka dibuatlah proses beruntun atau sering dikenal dengan istilah Batch Processing, sehingga beberapa agenda bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian (Multi Tasking).


Periode Tahun 1950-an

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang hingga terciptanya super komputer yang dikala itu bisa bekerja dengan lebih baik, maka sebuah komputer harus melayani beberapa daerah yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses menurut waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka dari itu untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer sudah sanggup diaplikasikan.

Pada sistem TSS sendiri, terdapat beberapa terminal yang terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang secara berdikari (sendiri-sendiri).


Periode Tahun 1960-an

Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969, agenda riset ini dikenal dengan nama ARPANET.


Periode Tahun 1970

Pada tahun 1970, sudah terdapat lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan, dan pada tahun 1970 itu juga sesudah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak dibutuhkan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, sebab selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.


Periode Tahun 1972

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan agenda surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang kemudian untuk ARPANET. Program tersebut begitu gampang untuk digunakan, sehingga eksklusif menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang pertanda “at” atau “pada”.


Periode Tahun 1973

Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang andal komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya ialah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.


Periode Tahun 1979 - 1981

Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, membuat newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Kemudian pada tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang gres dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga bekerjasama dengan video link.

Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang sanggup diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibuat sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga dikala ini yang sering kita gunakan ketika sedang melaksanakan konfigurasi sebuah jaringan internet

Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) , dimana jaringan ini meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.


Periode 1984 - 1988

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang sekarang kita kenal dengan DNS.Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen merupakan seorang yang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan istilah IRC. dimana teknologi ini sudah bisa memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer sanggup berinteraksi secara eksklusif dengan pengiriman pesan (Chatting ).


Periode 1990 - 1994

Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling bekerjasama melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah,

Ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang sanggup menjelajai sebuah perangkat komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. dan rogram inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan World Wide Web (WWW).

Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).

Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Sumber Referensi : "wikipedia | Jaringan Komputer"