Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Icmp, Fungsi Icmp Dan Jenis - Jenis Icmp

bang2 sutara, Istilah ICMP didalam dunia jaringan, bagi kita mungkin masih terlalu abnormal didengar pasalnya istilah satu ini tidak perrnah keluar dan dibahas didunia pendidikan setara SMK, namun kalau melihat dari fungsionalnya kita juga harus sanggup memahami hal yang satu ini.

ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah bab dari istilah internet protocol yang pada umumnya dipakai oleh sebuah peralatan yang terhubung dengan jaringan internet untuk keperluan penganalisaan sebuah jaringan, salah satu penggunaan ICMP yang cukup pavorit ialah ping dan traceroute .

Mungkin kalau nama ping untuk kebanyakan kita semua udah pada paham, jadi dalam artikel ini tidak usah di bahas terlalu dalam wacana ping ini, sederhananya konsep ping ini kalau kita ng-Ping di komputer A yang akan mengirimkan echo request ke komputer B, maka secara otomatis komputer B pun akan membalas ICMP dengan jenis echo Reply .


 bagi kita mungkin masih terlalu abnormal didengar pasalnya istilah satu ini tidak perrnah ke Pengertian ICMP, Fungsi ICMP dan Jenis - Jenis ICMP

Dalam istilah ICMP juga sering dikaitkan dengan Router, Router adalah suatu perangkat keras jaringan komputer yang secara fungsionalnya sanggup dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer yang sama atau bahkan berbeda dan router juga merupakan suatu hardware atau perangkat keras yang dipakai untuk mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan internet dimana kalau melihat pada tujuan awalnya ialah untuk sanggup menuju pada satu titik tujuannya yang kemudian selanjutnya proses tersebut yang sering kita kenal sebagai proses routing.

Sedangkan fungsi utama dari router ini sendiri ialah sebagai alat atau media untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP  kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.


Didalam persoalan ini kita sanggup mengasumsikan sebuah malasah ketika pada ketika melaksanakan sebuah pengiriman data yang gagal, media host atupun router tidak sanggup tersambung bahkan tidak tersedia untuk mengirim pesan yang memperlihatkan kesalahan, ICMP juga sanggup dipakai untuk memberikan pesan tersebut , yang pada umumnya ICMP dapat  mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus.esan permintaan, Hal ini ditugaskan pada protokol nomor 1. ICMP untuk Internet Protocol versi 4 (IPv4) juga dikenal sebagai ICMPv4. IPv6 mempunyai protokol yang sama, ICMPv6


Baca Juga Artikel Lainnya : 

Jenis - Jenis Pesan ICMP

  1. Jika anda mengalamai sebuah kesalahan yang diakibatkan oelh kesalahan jaringan maka jenis pesan ICMP yang akann anda dapatkan ialah notifikasi sebagai berikut "ICMP Error Message"
  2. Pada persoalan yang kedua kalau anda mendapatkan sebuah pengiriman paket yang mengirimkan suatu informasi  tertentu dimana gosip tersebut ada kaitannya dengan kondisi suatu jaringan maka notifikasi yang akan anda terima ialah sebagai berikut "ICMP Query Message"
  3. Jika anda mengalami persoalan time out berarti sessi pada jaringan anda sudah habis alasannya diakibatkan tidak adanya respon dari jaringan tersebut
  4. Kemacetan sebuah jaringan
  5. Kesalahan yang diakibatkan oleh jaringan contohnya sebuah host atau jaringanyang tidak terjangkau

Fungsi - Fungsi ICMP

  • Membantu proses error handling / melaporkan apabila terjadi error pada sebuah jaringan
Error disini merupakan salah satu tanda-tanda yang paling mungkin terjadi di dalam sebuah jaringan komputer. Error yang terjadi disini biasanya ketika pesan dan juga request tidak sanggup tersampaikan ke host tujuan, ataupun koneksi terputus ketika sedang melaksanakan proses transmisi data di dalam jaringan komputer.

Dengan adanya protocol ICMP ini, maka setiap error yang terjadi sanggup dihandle atau ditangani eksklusif oleh protocol ini, dimana protocol ICMP ini bertugas untuk melaksanakan tindakan – tindakan ketika terjadi yang namanya error di dalam sebuah jaringan komputer.

  • Membantu control procedure atau mekanisme pengaturan pada sebuah jaringan
Control procedure atau mekanisme pengontrolan merupakan kiprah dan fungsi utama dari protocol ICMP ini. Secara fungsionalnya ICMP bertugas untuk mengatur dan mengontrol segala macam bentuk pengaturan pada sebuah jaringan kompter. 

Dengan adanya ICMP , maka setiap jaringan komputer sanggup berjalan sesuai dengan mekanisme juga ketentuan yang ada, sehingga tidak mengalami sebauh kesalahan didalam proses transmisi jaringan tersebut.

  • Menyediakan pengendalian error dan pengendalian arus pada network layer atau lapisan jaringan
Pengendalian error atau error handling sudah dibahas pada poin sebelumnya. Namun, selain melaksanakan pengendalian error atau error handling , ICMP juga diketahui mempunyai kiprah lainnya, menyerupai melaksanakan pengenalan serta pengidentifikasian terhadap arus gosip yang ditransmisikan pada network layer atau lapisan jaringan.

Contoh sederhananya, ketika sebuah jaringan mempunyai beberapa macam lapisan atau layer – layer tertentu yang mana setiap paket data harus melewatinya. Disaat inilah ICMP bertugas untuk melaksanakan pengendalian terhadap arus yang akan masuk ke dalam masing – masing layer tersebut.


  • Mendeteksi terjadinya error pada jaringan, menyerupai connection lost, kemacetan jaringan dan sebagainya
Tugas pendeteksian dan juga pelaporan akan terjadinya error juga merupakan kiprah dan fungsi utama dari ICMP ini. ICMP merupakan protocol yang memilki kiprah penting ketika terjadi error pada sebuah jaringan atau network. Ketika ICMP mendeteksi terjadinya error, biasanya router atau perangkat keras jaringan lainnya akan memperlihatkan tanda kepada ICMP, contohnya host tidak sanggup dijangkau, atau koneksi terputus.

Pelaporan Kesalahan Diluar ICMP

  1. Permintaan dan suatu tanggapan terhadap Timestamp sangat memungkinkan sebuah sistem untuk sanggup meminta satu sama lain pada waktu yang bersamaan
  2. Alamat mask [ Address mask ] and reply dipakai oleh sebuah workstation diskless yang berguna  untuk mendapatkan sebuah subnet mask-nya ketika sedang melaksanakan boot
  3. Penjelasan wacana Echo request serta echo reply dipakai oleh suatu kegiatan ping untuk melaksanakan pengujian yang ditujukan untuk melihat apakah unit lain akan merespon ICMP yang berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP yang tidak dipakai secara eksklusif oleh aplikasi jaringan milik seorang pengguna. salah satu pengecualian ialah aplikasi ping yang ketika melaksanakan pengiriman  pesan ICMP Echo Request (dan mendapatkan Echo Reply) untuk memilih apakah komputer yang dituju sanggup dijangkau dan berapa usang suatu paket yang dikirimkan akan menerima jawaban dari komputer tujuan.