Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

bang2 sutara - Pengertian Cryptocurrency adalah sebuah bentuk uang digital yang didesain untuk menjadi sebuah mata uang yang kondusif dan kebanyakan anonymous. Ini juga merupakan mata uang yang terkait dengan internet yang memakai cryptography, yaitu sebuah proses perubahan informasi yang hampir tidak sanggup dipecahkan, untuk melacak pembelian dan transfer.

Cryptography sendiri pertama kali dibentuk ketika Perang Dunia II. Namun, dengan semakin berkembangnya abad digital, cryptograhphy sudah menjadi semakin canggih dengan elemen teori matematika dan computer science untuk menciptakan sebuah sistem yang kondusif untuk acara pertukaran informasi dan uang secara online.

Sebagai sebuah sistem yang modern, tentunya bitcoin menawarkan pinjaman terhadap banyak sekali metode pembayaran, tergantung dengan kebutuhan para penggunanya. Bitcoin mempunyai tipe transaksi standar, namun juga sanggup di modifikasi sesuai dengan keperluan.

Didalam artikel bab ini, saya akan menjelaskan beberapa jenis atau type transaksi bitcoin yang pada umumnya sering kita temui di kehidupan sehari-hari pada ketika ini, diantaranta banyaknya jenis transaksi yang akan saya jelaskan diantaranya P2A, P2PK, P2SH serta null data yang akan dibahas menyerupai dibawah ini

Baca Juga Artikel Lainnya :

 sebuah bentuk uang digital yang didesain untuk menjadi sebuah mata uang yang kondusif dan keb Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Jenis Transaksi Bitcoin

Perlu kalian ketahui, bahwasannya Cryptocurrency memakai teknologi yang didesentralisasikan semoga pengguna sanggup melaksanakan pembayaran dengan kondusif dan menyimpan uang tanpa harus memakai nama mereka atau melalui bank. Mereka didistribusikan melalui sebuah buku besar publik (public ledgers).

Public ledgers yaitu kawasan penyimpanan semua transaksi yang dikonfirmasi semenjak dimulainya pembuatan crytocurrency. Identitas pemilik coins akan dienkripsi dan sistem akan memakai teknik cryptocurrency lainnya untuk memastikan legitimasi pencatatan. 

Buku besar memastikan bahwa dompet digital yang sesuai sanggup menghitung saldo yang sanggup digunakan secara akurat. Selain itu, transaksi gres sanggup diperiksa untuk memastikan bahwa setiap transaksi hanya memakai koin yang ketika ini dimiliki oleh penggunanya. Bitcoin, salah satu cryptocurrency, menyebut buku besar ini dengan istilah blockchain.

A. Pay To Address (P2A)

Pay To Address atu sering juga dikenal dengan istilah Pay to Public Kesy Hash (P2PKH) yang merupakan metode transaksi bitcoin paling banyak dilakukan, yakni metode pembayaran bitcoin yang ditujukan kepada sesama alamat bitcoin, serta merupakan nilai hash dari public key.

Untuk sanggup memakai metode jenis ini, si calon akseptor bitcoin harus menawarkan alamat alamat bitcoin-nya kepada si pembayar. Hal ini sama menyerupai layaknya ketika kita akan melaksanakan pengiriman uang di instansi bank, yang mana kita harus mengetahui no rekening tujuan, semoga dana yang kita kirim sanggup hingga ke calon penerima

Sementara itu, informasi <ScriptPubKey> pada metode jenis ini, selalu disusun menyerupai pada struktur dibawah ini :

OP-DUP OP_HASH160 <hashPubKeyHex> OP_EQUALVERIFY OP_CHECKSIG

Skript diatas ditempatkan pada TxOut, yang akan memverifikasi TxIn dan akan memakai dana pada transaksi tersebut. TxIn yang diharapkan untuk menuntaskan problem diatas tersusun atas <sig> dan <pubkey>, dimana <sig> merupakan digital signature yang dibentuk oleh pemilik kunci privat atas transaksi yang memakai dana.

Sementara <pubkey> meruapakan suatu kunci publik yang berasosiasi dengan alamat bitcoin yang bersangkutan. Dan berikut ini yaitu metode penilaian script pada bitcoin

 sebuah bentuk uang digital yang didesain untuk menjadi sebuah mata uang yang kondusif dan keb Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Dan untuk langkah - langkahnya, kalian sanggup perhatikan beberapa point penting dibawah ini :
  • Informasi <sig> dan <pubkey> dimasukkan kedalam stack dengan metode LIFO
  • Operasi pertama yaitu OP_DUP yaitu melaksanakan sebuah duplikasi atas data terakhir didalam stack,yakni <pubkey>. Dengan demikian, dalam stack tersedia juga data <sig> <pubkey> <pubkey>.
  • Operasi berikutnya yaitu OP_HASH160, yakni menghitung nilai hash dengan metode RIPEMD160 atas data terakhir dalam stack. Setelah operasi ini dilakuakan, maka didalam stack akan tersedia data <sig> <pubkey> <pubKeyHash>.
  • Data <HashPubKeyHex> dimasukkan kedalam stack, sehingga data didalam stack bermetamorfosis <sig> <pubkey> <pubKeyHash> <hashPubkeyHex>
  • Operasi OP_EQUALVERIFY akan melaksanakan pengecekan, apakah dua (2) data terakhir pada stack mempunyai nilai yang sama. Jika kedua data tersebut sama, maka akan dihilangkan dari stack
  • Operasi OP_CHECKSIG akan mengecek validitas digital signature <sig> dengan memakai <pubkey> yang tersedia.
  • Apabila operasi terakhir valid, maka script ini akan menghasilkan nilai simpulan True (benar), namun jikalau tidak valid maka akan menghasilkan nilai simpulan False (salah).


B. Pay To Public Key (P2PK)

Transaksi P2PK bekerja dengan cara yang hampir sama dengabn Pay To Address. Yang menjadi perbedaannya , pada P2PK hanya terdiri atas langkah terakhir (f) dari mekanisme yang ada pada P2A. Pada P2PK, <scriptPubKey> disusun menyerupai dibawah ini

<pubkey> OP_CHECKSIG

Dengan demikian, untuk memakai dana yang tersedia hanya perlu meletakkan informasi <sig> yang menjadi digital signature, pada bab <scriptSig>. Evaluasi script ini sanggup dijelaskan sebagai berikut :

  • Data <sig> dimasukkan kedalam stack
  • Data <pubkey> dimasukkan kedalam stack
  • Operasi OP_CHECKSIG akan melaksanakan pengecekan validitas digital signature <sig> dengan memakai <pubkey> yang tersedia.
Meskipun operasi pada transaksi Pay to Public Key tampak lebih sederhana jikalau dibandingkan dengan transaksi Pay To Address, namun denah ini akan menghasilkan data transaksi yang lebih besar ketimbang dengan denah pay to address.

Dengan demikian biaya transaksi akan membengkak pula. Kemudian ditambah lagi dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa denah ini lebih rentan serangan yang dilakukan memakai komputer quantum, denah ini juga sudah tidak sanggup digunakan lagi, kecuali jikalau digabungkan dalam denah Pay To Script Hash (P2SH).


C. Pay To Script Hash (P2SH)

P2SH merupakan metode lain untuk melaksanakan transaksi dalam sistem bitcoin. Metode ini didefinisikan sebagai metode standard dengan spesifikasi BIP16 yang menjelaskan detail dari P2SH. Dengan metode ini, user bitcoin sanggup mengkonstruksikan sebuah script sebagai persyaratan sebelum sanggup memakai uang yang dibayarkan.

Tujuan utama pinjaman terhadap P2SH dalam sistem bitcoin, yaitu untuk metode multisignature tanpa perlu mendeskripsikan seluruh detailnya didalam scriptPubKey. Dengan memakai metode ini, pengiriman uang hanya perlu menuliskan nilai hash dari script yang diinginkan pada scriptpubkey dan oleh alasannya yaitu itu akan menciptakan biaya transaksi menjadi lebih murah bagi pengirim. Transaksi metode ini selalu ditandai dengan formt menyerupai berikut ini 

OP_HASH160 <20 byte hash> OP_EQUAL

Sementara itu, script yang mempunyai nilai hash yang telah ditentukan tersebut harus sanggup dipenuhi oleh penerima. Selain script, akseptor juga harus menyajikan input-input yang diminta pada P2SH , kemudian input-input tersebut akan dievaluasi untuk memilih apakah memenuhi kriteria script atau tidak


D. Null Data

Null Data merupakan salah satu fitur didalam dunia bitcoin yang dananya tidak sanggup digunakan. Null Data merupakan salah satu cara utnuk mengirim pesan memakai sistem bitcoin. Null Data sanggup disusun mengguankan struktur sebagai berikut :

OP_RETURN <data>

Dengan data sanggup berupa apa saja dengan format BASE16 dengan panjang maksimum 80 Byte. Dengan memakai transaksi Null Data, kalian sanggup menuliskan pesan kalian ke dalam blockchain bitcoin.

Seperti halnya data transaksi dalam bitcoin, pesan kalian akan terus ada secara permanen. Salah satu hal unik yang memakai akomodasi transaksi Null Data yaitu penulisan janji nikah yang dilakukan CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan.

 sebuah bentuk uang digital yang didesain untuk menjadi sebuah mata uang yang kondusif dan keb Mengenal Dan Memahami Jenis-Jenis Transaksi Bitcoin

Peristiwa ini mendapat penghargaan MURI sebagai kesepakatan nikah pertama yang dilakukan di blockchain di indonesia, untuk lebih lanjutnya silahkan kalian lihat di bitcoinwedding.com.