Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

bang2 sutara - Untuk sanggup menciptakan transaksi bitcoin yang terkustomisasi, pengguna bitcoin tidaklah memerlukan izin apapun, yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan perihal bagaimana cara pembuatan script transaksi yang terdiri atas ScriptPubKey dan ScriptSig.

Dalam hal ini, tentunya dibutuhkan sebuah pengalaman, skill, serta ketelitian yang cukup matang, alasannya yaitu dikala kalian memakai script terkustomisasi dan terjadi error maka dana atau bitcoin yang berada didalamnya akan hilang secara misterius dan tidak sanggup diambil kembali untuk selamanya.

Prlu kalian ketahui, bahwa Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Sehingga, wallet Bitcoin sanggup menghitung sisa uang yang sanggup dibelanjakan serta transaksi-transaksi gres sanggup diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu. Integritas dan urutan kronologis rantai-blok diterapkan menggunakankriptografi.

Disisi lain juga, kalian harus benar-benar berhati-hati  dikala memakai script yang tidak memakai tanda tangan elektronik, alasannya yaitu tanpa adanya tanda tangan elektronik, dana yang kalian miliki akan gampang dicuri oleh pihak lain.

Baca Juga Artikel Lainnya :

 Untuk sanggup menciptakan transaksi bitcoin yang terkustomisasi Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

Penjelasan Script Transaski Bitcoin

Sebelum melangkah ke inti pembahasan, alangkah baiknya kalian mengetahui istilah pertambangan bitcoin. Pengertian Pertambangan adalah sebuah sistem konsensus terdistribusi yang dipakai untuk melaksanakan konfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok.

Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar sanggup dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan hukum kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Aturan tersebut dimaksudkan untuk mencegah manipulasi blok sebelumnya alasannya yaitu hal itu menciptakan semua urutan blok berikutnya menjadi tidak valid. Pertambangan juga ibarat sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok gres dengan gampang secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Sehingga, tidak ada individu atau kelompok yang sanggup mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti sebagian dari rantai-blok untuk memutar kembali transaksi mereka.

Selain klarifikasi diatas, kalian juga harus memahami Transaksi-Private Keys. Transaksi bitcoin yaitu transfer nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data diam-diam yang disebut kunci langsung atau seed, yang dipakai untuk menandatangani transaksi, memperlihatkan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet.

Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun sesudah diterbitkan. Semua transaksi disiarkan ke dalam jaringan dan biasanya akan mulai dikonfirmasi dalam waktu 10-20 menit, melalui proses yang disebut pertambangan.

Transaksi bitcoin yang tersusun atas script direpresentasikan kedalam kode-kode hexadecimal, dan berikut ini yaitu teladan script transaksi bitcoin yang memakai struktur multisignature.

 Untuk sanggup menciptakan transaksi bitcoin yang terkustomisasi Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin

Ilustrasi script diatas tentu saja sanga sulit untuk dibaca apalagi untuk dipahami, alasannya yaitu intinya script diatas hanya ditujukan untuk perangkat lunak komputer saja. Untuk sanggup membaca script diatas, dibutuhkan alat bantu perangkat lunak lainnya yang sanggup menterjemahankan menjadi suatu gosip yang lebih gampang dibaca ibarat berikut ini

 Untuk sanggup menciptakan transaksi bitcoin yang terkustomisasi Mengenal istilah Script Dalam Transaksi Bitcoin
Terdapat dua (2) bab besar didalam script transaksi diatas, yakni untuk bab pertama disebut dengan inputs yang mana inputs ini merupakan bab yang merujuk pada transaksi sebelumnya, atas alamat bitcoin pengirim.

Bagian yang kedua disebut dengan outputs, dimana bab ini merupakan bab yang mengatur tujuan pengiriman dana. Pada bab ini juga sanggup diatur Change Address yakni alamt untuk mengirim sisa uang pembayaran