Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Kelebihan Mata Uang Bitcoin (Cryptocurrency)

bang2 sutara - Pengertian Cryptocurrency atau mata uang kripto semakin dikenal oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia. Ini ialah salah satu dari representasi blockchain yang dampaknya dinikmati pribadi oleh kalangan masyarakat (consumer).

Potensi lain masih terus banyak dieksplorasi. Ketertarikan terhadap mata uang kripto, umumnya sebagai investasi, bersama-sama gres meningkat kencang pasca nilai tukar Bitcoin melonjak. Persisnya sesudah WannaCry menghebohkan jagat digital. Penyerang meminta tebusan pembebasan komputer yang terjangkit WannaCry dengan Bitcoin.

Nlai Bitcoin kemudian melonjak kencang. Di lain sisi Alt-coin (mata uang kripto non-Bitcoin) terus bermunculan, umumnya dengan misi memperbaiki celah Bitcoin atau mengatakan cara gres untuk proses mining dan transaksi.

Dilansir darisitus CoinMarketCap, terdapat 1568 jenis mata uang kripto di dunia. Jumlahnya masih terpantau terus bertambah, seiring terus adanya ICO (Initial Coin Offering) yang dilakukan di aneka macam negara, termasuk Indonesia.

Bisa dikatakan ketika ini bitcoin sudah mempunyai banyak tentangan di dunia cryptocurrency dengan munculnya AltCoin, namun bitcoin tetap menjadi "primadona" yang sangat di minati oleh para pemburu mata uang cryptocurrency.

Didalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa kelebihan utama yang dimiliki oleh mata uang bitcoin dan tidak dimiliki oleh jenis mata uang lainnya yang ada didunia ini.


Baca Juga Artikel Lainnya :

 atau mata uang kripto semakin dikenal oleh banyak kalangan masyarakat di Indonesia Mengetahui Kelebihan Mata Uang Bitcoin (Cryptocurrency)

Kelebihan Mata Uang Bitcoin

A. Nilai Pasar

Hingga ketika ini, bitcoin memang masih sanggup dikatakan penguasa pasar cryptocurrency dengan menduduki daerah paling utama dalam daftar cryptocurrency paling mahal sekaligus valuasi pasar tertinggi.

Dalam tempo 9 tahun ini, dari nilai harga yang tidak ada nilainya hingga sekarang berada dikisaran harga $10.000 per BTC. Perjalanan bitcoin memang tidak selamanya mulus, sebab seringnya diterpa isu-isu negatif, diantaranya ibarat pada kasus Mt.Gox yang menjatuhkan harga bitcoin.

Namun dalam dua tahun terakhir, harga bitcoin meningkat hingga 300%. Banyak yang memprediksi bahwa harga bitcoin dari tahun ketahun akan selalu mendapat perubahan harga yang sangat signifikan hingga meningkat berkali-kali lipat


B. Dukungan Komunitas

Bitcoin hingga ketika ini sudah mempunyai basis massa yang sangat besar. Banyak sekali pihak individu atau bahkan kelompok yang antusias mengikuti perkembangan bitcoin melalui banyak kanal, dua diantara saluran online tersebut ialah Bitcointalk dan r/bitcoin di Reddit.

Belum lagi meetup yang digelar secara rutin diberbagai kota di dunia untuk mempromosikan bitcoin lebih banyak lagi kepada masyarakat. Bitcoin tidak hanya menarik masyarakat biasa, namun juga para politisi dan akademisi


C. Tahan Banting

Salah satu alasan utama bitcoin tetap bertahan hingga ketika ini ialah sebab ketahanan (robustness) terhadap aneka macam tantangan. Para pengembang bitcoin core mulai dari satoshi nakamoto hingga van der laan menghindari perubahan radikal terhadap protocol bitcoin, menghapus banyak OpCode yang sekiranya banyahk mengganggu kinerja sistem.

Bitcoin memang dikenal sebagai cryptocurrency yang tidak mempunyai banyak fitur jikalau dibandingkan dengan Ethereum yang mendukung smart contract, namun kesederhanaan scripting bitcoin menciptakan kasus scripting tidak sekompleks Ethereum.