Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar Sistem Jaringan Komputer

bang2 sutara - Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang memakai teknologi ini, telah membuat aneka macam konsekuansi, antara lain peningkatan ketergantungan terhadap teknologi.

Bagi sebagaian besar kalangan masyarakat, pekerjaan mereka ketika ini harus diselesaikan dengan komputer dan perangkat pendukung lainnya. Salah satu penerapan bentuk teknologo komputer tersebut yaitu sistem jaringan komputer.

Sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer sendiri antara lain sebagai berikut :


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunak Pengenalan Dasar Sistem Jaringan Komputer

Tujuan Jaringan Komputer

  1. Memberi sumber daya, misalnya mengembangkan pemakaian hardware (perangkat keras) dan mengembangkan koneksi internet
  2. Mudah dalam berkomunikasi antara komputer , misalnya penerapan e-mail atau surat elektronik
  3. Kegiatan instant messaging atau chatting
  4. Akses informasi, misalnya web browsing
  5. Dasar contoh dalam membangun sistem jaringan warnet atau game online serta membangun sistem jaringan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan
Dengan penggunaan jaringan komputer, beberapa keuntungan  yang didapat diantaranya yaitu :

1. Hardware Sharing

Menerapkan sistem jaringan komputer sudah sangat memungkinkan untuk mengembangkan pakai hardware (perangkat keras) secara bersama-sama. Dengan kata lain, dalam jaringan komputer sebuah hardware printer sanggup dipakai bantu-membantu oleh lebih dari satu pengguna selama masih terhubung dalam jaringan komputer tersebut. Begitu juga dengan penggunaan hardware scanner, CD/DVD ROM, HardDrive dan perangkat keras lainnya.

2. High Performance

Dengan memakai jaringan komputer, kalian sanggup meningkatkan tingkat kemampuan yang tinggi dengan mempunyai sumber data alternatif. Misalnya, data yang diguankan sanggup disimpan atau di copy  ke beberapa perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Sehingga jika salah satu perangkat komputer tersebut mengalami kerusakan, maka salinan data pada komputer yang lain masih sanggup kalian gunakan sebagai cadangan terhadap data orisinil yang rusak sebelumnya.

3. Resource Sharing

Sistem jaringan komputer sangat memungkinkan untuk mengembangkan data dan informasi, termasuk juga mengembangkan koneksi internet sehingga sangat berkhasiat sekali dalam menangani persoalan ketika beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet secara individual.

4. Data Security

Dalam sistem jaringan komputer memungkinkan seorang direktur (Orang yang mempunyai kiprah untuk mengatur jaringan komputer) untuk sanggup mengontrol data-data penting biar sanggup diakses oleh para pengguna yang berhak saja, sehingga data di dalamnya akan lebih lebih terjamin keamanan dan keutuhannya.

5. Saving Money

Manfaat lain dari sistem jaringan komputer yaitu penghematan biaya pengeluaran untuk pembelian hardware, alasannya peralatan peripheral dalam sistem jaringan komputer bisa dibagi dan pakain secara bersama-sama. Contohnya Printer, HardDrive, Scanner dll. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca artikel Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Perbaikan Peripheral.