Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Bitcoin, Sejarah Dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap

bang2 sutara - Pengertian Bitcoin ialah aset digital atau lebih tepatnya sanggup disebut dengan uang digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini mirip halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar mirip eGold, walaupun bahu-membahu jauh berbeda dari konsep tersebut

Dengan memakai bitcoin, kalian sanggup melaksanakan transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Secara konsep dasar Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, sanggup dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone.

Bitcoin gres diciptakan dengan proses yang disebut dengan istilah “mining”. Para miner memakai komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block gres Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin.

Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, kini 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia ialah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Setelah menginstall wallet, kalian akan mendapat Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin dengan sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi kemudian masukkan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, dan tekan tombol terusan kirim

Perjalanan bitcoin dimulai dari terciptanya Genesis Block, yakni blok bernomor 0 yang dibentuk pada tanggal 3 januari 2009 oleh Satoshi Nakamoto dengan nilai hash 000000000019d6689c085ae165831e934ff763ae46a2a6c172b3f1b60a8ce26f

Didalam coinbase block tersebut, Satoshi Nakamoto menyisipkan kalimat mirip dibawah ini, yang mana kata tersebut merupakan satir bahwa kegagalan perbankan akan ditanggung oleh para pembayar pajak melalui dana bailout yang dikeluarkan pemerintah

The Times 03/Jan/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks

Sejak pertama bitcoin dikembangkan, banyak sekali perbaikan diterapkan berdasarkan saran dan masukan dari para anggota Chyperpunk, diantaranya mirip Finney yang terpukau dengan wangsit mata uang virtual gres ini.

Bitcoin yang pada awalnya tidak mempunyai nilai, lambat laun mendapat daerah yang sangat Istimewa di banyak sekali komunitas sebagai sebuah komoditas virtual yang dijalankan oleh sebuah sistem yang independen. Harga bitcoin menjadi kian melambung sesudah ikut terdorong oleh banyaknya pengguna yang terlibat.

Kini sesudah menginjak usia ke 8 (delapan) tahun (terhitung pada 28/04/2018) semenjak genenis block, bitcoin telah menjadi mata uang virtual dengan valuasi pasar terbesar diduia dan memimpin jauh jikalau dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni Ethereum.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Pengertian Bitcoin ialah aset digital atau lebih tepatnya sanggup disebut dengan uang digit Pengertian Bitcoin, Sejarah dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap


Didunia internet sendiri, selain dari situs-situs yang kita kenal selama ini, terdapat juga sebuah area yang tidak banyak diketahui keberadaannya yang disebut dengan deep web atau sering juga dikenal dengan istilah dark web. Hal ini sanggup diartikan sebagai situs yang berada didalam sebuah kegelapan yang tidak sanggup di terusan oleh mesin pencari biasa bahkan oleh mesin pencari sekelas Google, atau Bing.

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali layanan pada deep web yang memakai jalur ilegal serta melawan aturan hukum. Deep web menjadi populer sesudah terjadi penangkapan atas pemilik silk road, sebuah toko yang menjual barang-barang terlarang mirip narkoba. Dalam hal ini yang menjadi daya tariknya ialah Bitcoin yang disangkut pautkan dengan silk road, lantaran pada transaksi jual beli tersebut melaksanakan mata uang digital Bitcoin.

Alasan utama bitcoin dipakai sebagai alat pembayaran utama di silk road ialah lantaran keamanan pengguna dan penjual, lantaran dengan memakai bitcoin semua data pengguna serta alur transaksi sangat sulit untuk dilacak.

Dengan demikian tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa dunia deep web termasuk didalamnya silk road, memilikitempat khusus dalam sejarah bitcoin. Bahkan deep web dianggap sebagai suatu media yang berkontibusi besar terhadap meningkatnya harga bitcoin di pasaran global.


Mengenal Satoshi Nakamoto Pencetus Bitcoin

Tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa satoshi nakamoto merupakan tokoh sentral seklaigus tokoh paling misterius yang pernah ada didalam sejarah bitcoin. Satoshi Nakamoto merupakan orang pertama yang mencetuskan protokol bitcoin, pengembang pertama software bitcoin dan peramu konsep-konsep kriptografi untuk diterapkan dalam sistem pembayaran elektronis.

Siapapun tokoh orisinil dibalik nama "Satoshi Nakamoto" tidak ada yang mengetahui, meskipun Gavin Andresen dan Jhon Matonis, dimana mereka merupakan dua tokoh yang pernah melaksanakan komunikasi secara pribadi dengan satoshi namun tidak bertatap muka pribadi lantaran mereka melaksanakan komunikasi hanya melalui telepon.

Namun disisi lain, meskipun mereka berdua tidak bertatap muka secara langsung, mereka sudah mempunyai kesimpulan bahwa orang yang sering disebut Satoshi Nakamoto tiada lain adalah  Craig Wright.

Setelah informasi itu tebuka ke khalayak umum, telah banyak para peneliti informasi yang membongkar profil Craig Wright. Pada ketika itu sudah hampir menemukan titik terang dari seorang Craig Wright lantaran profilnya sangat meyakinkan untuk diduga sebagai satoshi nakamoto, lantaran latar belakangnya yang kental dengan dunia riset serta kriptografi termasuk belasan paten yang diajukannya terkait dengan blockchain dan mata uang digital lainnya.

Namun semua dugaan tersebut serta bukti-bukti elektronik yang diajukan oleh craig wright tampak meragukan, dan analisis pakar bitcoin menyatakan bahwa bukti-bukti tersebut masih diragukan. Sehingga hingga detik ini, belum ada keterangan dan klarifikasi yang niscaya untuk menunjuk siapakah jati diri satoshi nakamoto yang asli

Sebelum craig wright, terdapat beberapa orang yang diduga sebagai satoshi nakamoto, diantaranya ialah Nick Szabo, Dorian Nakamoto, dan Hal Finney, namun ketiga orang tersebut telah menyangkal bahwa mereka bukanlah satoshi nakamoto

 Pengertian Bitcoin ialah aset digital atau lebih tepatnya sanggup disebut dengan uang digit Pengertian Bitcoin, Sejarah dan Pembahasan Perjalanan Bitcoin Terlengkap

Beberapa orang memang sangat menyayangkan kenapa satosho nakamoto tidak pernah membocorkan identitas aslinya kepada khalayak umum, lantaran banyaknya pertanyaan yang akan diajukan kepadanya termasuk pendapatnya wacana debak skalabilitas yang panas.

Namun demikian, banyak juga pihak yang memuji satoshi nakamoto yang menyembunyikan identitas dirinya, lantaran berdasarkan mereka keadaan bitcoin jauh lebih penting dari pada identitas orisinil satoshi nakamoto. Dengan tiadanya informasi wacana satoshi nakamoto, maka demokrasi akan benar-benar sanggup berjalan dengan baik dan seimbang


Fitur Mata Uang Digital Bitcoin


Transfer instant secara peer to peer.

Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin berjalan tanpa mempunyai server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke banyak sekali server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.


Transfer ke mana saja

Tidak mirip emas, Bitcoin sanggup dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin sanggup terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.


Biaya transfer sangat kecil.

Biaya pengiriman pun sanggup dihilangkan hingga gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah bitcoin yang dikirimkan.


Transaksi bersifat irreversible

Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak sanggup dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;


Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.

Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang sanggup kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin bahu-membahu sanggup menentukan apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan sanggup dipantau oleh publik.


Bitcoin tidak dikontrol oleh forum atau pemerintah.

Bitcoin yang memakai database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga tidak mungkin bagi seseorang untuk meniru transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau meniru data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di ketika yang bersamaan.


Jumlahnya terbatas

Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini ibarat sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.


Tag :
Sejarah Cryptocurrency bitcoin
Sejarah Bitcoin
Sejarah Bitcoin Dunia
Sejarah Bitcoin Indonesia
History of bitcoin
Pengertian Bitcoin
Definisi Bitcoin
Bitcoin adalah