Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Klarifikasi Alamat Bitcoin (No Rekening Bitcoin)

Komputerdia.com - Pengertian Rekening ialah suatu alat atau cara yang dipakai untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aktiva, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya.

Tujuan pemakaian dari rekening ialah untuk mencatat data yang akan menjadi dasar penyusunan laporan keuangan. Jumlah rekening yang perlu diadakan dalam pembukuan suatu perusahaan tergantung kepada kebutuhan. Kumpulan rekening yang dipakai dalam pembukuan suatu perusahaan disebut Buku Besar atau General Ledger

Sebagai sistem uang, dalam prosedurnya bitcoin juga mengenal dengan istilah pecahan mata uang. Jika didalam rupiah kita mengenal beberapa pecahan mata uang ibarat 100ribu, 50ribu, 20ribu, 10ribu dan seterusnya, dalam dunia bitcoin juga mata uang tersebut sanggup dipecah.

Satu satuan utuh untuk bitcoin yang bersimbol BTC ialah 1BTC, dimana 1BTC tersebut sanggup dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil ibarat dibawah ini :
  1. mBTC (mili-Bitcoin), yang kalau mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya ialah 1BTC = 1.000 mBTC
  2. บBTC (Mikro-BTC), yang kalau mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya ialah 1BTC = 1.000.000 บBTC
  3. Satoshi, yang kalau mana dikonversikan menjadi BTC utuh maka aturannya ialah 1BTC = 100.000.000 Satoshi.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Memahami Alamat Bitcoin

Alamat bitcoin bertindak ibarat nomor rekening bank, ibarat pada umumnya untuk memulai brtransaksi di suatu bank, tentunya kita harus membuka rekening terlebih dahulu. Demikian halnya dengan Bitcoin, dimana kita harus mempunyai alamat bitcoin (bitcoin address) semoga sanggup melaksanakan pengiriman dan penerimaanbitcoin.

Meskipun mempunyai fungsi yang serupa, terdapat perbedaan yang cukup "mencolok" antara konsep no rekening alamat bitcoin. Untuk mendapat nomor rekening bank, kita tentunya harus mendaftarkan identitas diri, pengisian data diri, penyerahan dokumen identitas, yang semua hal itu harus dilakukan secara real (harus tiba eksklusif ke forum bank), serta harus tunduk patuh pada ketentuan yang sudah ditentukan oleh masing-masing bank.

Sementara itu, di sistem bitcoin setiap orang sanggup menciptakan alamat bitcoin dengan bebas tanpa harus mendaftarkan diri pada suatu forum yang "nyata", dalam kata lain kita sanggup bebas mendaftarkan alamat bitcoin secara online dan gratis. Namun disisi lain juga kita memang diharuskan untuk melaksanakan verifikasi identitas diri, guna untuk keperluan keamanan alamat bitcoin yang kita miliki.

Dengan memakai dompet bitcoin (Bitcoin wallet), maka alamat bitcoin sanggup dibentuk sebanyak apapun yang kita inginkan. Alamat bitcoin sendiri terdiri atas 34 karakter dengan kombinasi abjad kecil, abjad kapital, dan angka.

Hal ini tentunya akan menjadi kesulitan tertentu untuk menghafal dan menulis alamat bitcoin yang kita miliki. Oleh alasannya itu, pada umumnya penyedia layanan dompet bitcoin akan selalu menyertakan Scanner QRcode (kode batang) dan juga tombol atau kotak box untuk penyalinan nomor wallet sipengguna dompet bitcoin tersebut.

Dibawah ini ialah tumpuan tampilan dari beberapa dompet bitcoin yang pada umumnya sering dipakai di indonesia

 Pengertian Rekening ialah suatu alat atau cara yang dipakai untuk mencatat transaksi Pengertian dan Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
Contoh alamat bitcoin di Indodax

 Pengertian Rekening ialah suatu alat atau cara yang dipakai untuk mencatat transaksi Pengertian dan Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
Contoh alamat bitcoin di Blockchain
Perlu kalian ketahui, bahwa alamat bitcoin bukanlah kuci publik dalam denah Public Key Cryptography (PKC) ibarat yang telah dibahas. Terdapat sebuah mekanisme lain dalam bitcoin untuk menghitung alamat bitcoindarimkunci publik yang telah dibuat. Prosedur tersebut diantaranya melibatkan fungsi hash RIPEMD160 dan SHA256 sebagaimana telah dibahas pada artikel sebelumnya

 Pengertian Rekening ialah suatu alat atau cara yang dipakai untuk mencatat transaksi Pengertian dan Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)

Perlu kalian ketahui, bahwa alamat bitcoin juga sering disebut dengan istilah Public Key Key Hash, alasannya alamat bitcoin memang merupakan nilai hash dari kunci publik pasangan kunci yang disimpan didalam dompet bitcoin.

Meskipun alamat bitcoin sanggup dibentuk secara otomatis oleh dompet bitcoin, alamat bitcoin sanggup juga dibentuk menjadi bentuk alamat bitcoin yang menarik, sama halnya ibarat pada plat nomor kendaraan yang sanggup dimodifikasi. ALamat bitcoin yang sudah tekustomisasi ini sering disebut dengan Vanity Bitcoin Address. Jika kalian tertarik dengan hal ini, kalian sanggup mencobanya di Bitcoinvanitygen 

 Pengertian Rekening ialah suatu alat atau cara yang dipakai untuk mencatat transaksi Pengertian dan Penjelasan Alamat Bitcoin (No rekening bitcoin)
.