Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Memahami Multi Signature Di Dunia Bitcoin

bang2 sutara - Multisignature ialah salah satu fitur bitcoin dimana user sanggup membuat sebuah transaksi yang membutuhkan lebih dari satu (1) digital signature untuk sanggup digunakan. Fitur satu ini sanggup dipakai didalam bagan escorow.

Escorow merupakan sebuah konsep dimanapihak ketiga menjadi penengah didalam sebuah transaksi dikala terjadi permasalahan baik dari sisi pembeli maupun dari sisi penjual.

Escorow sanggup dipakai untuk melindungi pembeli maupun penjual. Dengan memakai transaksi 2-of-3 multisignature, apabila terjadi dispute (permasalahan) antara pembeli dan penjual, maka pihak escorow sanggup ikut campur tangan untuk memilih siapa yang mendapat uangnya.

Sementara itu, untuk pengertina Multi-signature address ialah dompet Bitcoin yang membutuhkan tandatangan beberapa pihak untuk membuat sebuah alamat Bitcoin gres yang disertai dengan public key.

Ketika seseorang hendak mengirimkan saldo Bitcoinnya ke dompet yang lain, ia akan membutuhkan tandatangan beberapa orang tadi, termasuk tandatangannya sendiri, untuk melakukannya. Jumlah tandatangan yang diharapkan tergantung pada angka yang disetujui dikala alamat Bitcoin tersebut dibuat. Inilah alasan mengapa Multi Signature Address bersifat jauh lebih aman.

Apabila penjual telah mengirimkan produk yang dipesan oleh pembeli, namun pembeli tidak mau membayar maka pihak escorow sanggup menandatangani transaksi, sehingga penjual tetap mendapat uang pembayarannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

 Multisignature ialah salah satu fitur bitcoin dimana user sanggup membuat sebuah transaksi Pengertian dan Memahami Multi Signature Di Dunia Bitcoin

Apabila pembeli tidak mendapat prosuk yang dipesannya dan penjual tidak ingin mengembalikan uang yang telah dibayarkan pembeli, maka pihak escorow sanggup membantu pembeli untuk mendapat kembali uangnya.

Multisignature sanggup pula diguankan dalam bagan perusahaan untuk sanggup mengelola dana dengan lebih bertanggungjawab, dimana untuk membelanjakan dana tersebut diharapkan lebih dari satu pihak untuk menawarkan tandatangannya. Skema multi signature sanggup dideskripsikan dengan struktur sebagai berikut 

m <pubkey 1> <pubkey 2> _ <pubkey n> n OP_CHECKMULTISIG

dengan m ≤ n ≤  3

Multisignature dengabn struktur ibarat diatas, sanggup diselesaikan dengan struktur sebagai berikut

0 <signature 1> <signature 2> _ <signature n>

Nilai 0 merupakan data dummy yang diperlukan, lantaran terdapat sebuah bug pada implementasi operasi OP_CHECKMULTISIG dimana bug tersebut akan membuang satu data lebih banyak dari pada seharusnya. Implementasi sistem bitcoin yang kini tidak mengizinkan data dummy selain nilai 0 ibarat pada struktur diatas.


Transaction Signature

Untuk sanggup memakai bitcoin yang diterima, akseptor harus menandatangani transaksi tersebut  dengan memakai bagan digital signature. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk sanggup membuat multisignature tersebut.
  • Membuat kopian transaksi aslinya
  • Ganti isi <scriptSig> dengan <scriptPubkey> dari transaksi yang direferensikan oleh transaksi ini. Bagian <scriptSig> akan dibentuk sesudah proses penandatanganan, lantaran bab ini berisi digital signature
  • Hitung nilai hash dan tanda tangan memakai kunci privat
Transaction signature mempunyai beberapa tipe hash, diantaranya :
  1. SIGHASH_ALL, yakni merupakan tipe hash yang memasukkan semua output, sehingga alamat tujuan tidak sanggup diganti lagi
  2. SIGHASH_NONE, tipe ini merupakan tipe hash yang tidak memasukkan output, sehingga alamat tujuan sanggup diganti
  3. SIGHASH_SINGLE, tipe hash yang satu ini hanya memasukkan 1 output saja, sedangkan alamat tujuan lain sanggup diubah
Terdapat juga sebuah type lain yaiitu SIGHHASH_ANYONECANPAY yang sanggup dikombinasikan dengan salah satu type-type diatas. Tipe ini sanggup diartikan bahwa "siapapun sanggup membayar", dimana input sanggup ditambahkan meskipun sudah ditandatangani.