Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Atau Metode Untuk Dapat Berinternet Dengan Wireless

bang2 sutara , Jaringan tanpa kabel atu wireless ialah salah satu dari jenis jaringan internet yang memungkinkan perangkat - perngkat didalam jangkauannya mirip laptop, Komputer, HandPhone atau yang lainnya bisa berkomunikasi tanpa memakai transmisi kabel.

Pengertian lainnya menjelaskan Wireless ialah kalau dari arti katanya sanggup diartikan “tanpa kabel”, yaitu melaksanakan suatu relasi telekomunikasi memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel.

Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya sanggup dilihat sanggup dilihat dengan semakin banyaknya yang memakai telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang digunakan untuk mengakses internet.

Untuk ketika ini wireless memang menjadi salah satu susukan internet yang banyak dicari dan diminati oleh hampir semua pengguna jaringan internet, itu dikarenakan aksesnya yang simple dan gampang dipergunakan tanpa harus memakai media aksesori mirip jaringan – jaringan internet lainnya dimana notabennya semua jarinbgan kebanyakan menggunaka media transmisi kabel.

Tetapi apakah anda tau metode apa saja yang bisa anda manfaatkan dan dipergunakan ketika anda sedang mengakses jaringan wireless ?


 Jaringan tanpa kabel atu wireless ialah salah satu dari jenis jaringan internet yang mem Cara atau Metode Untuk Bisa Berinternet Dengan Wireless

Metode Yang Digunakan Jaringan Wireless

WiFi

WiFi atau Wireless Fidelity ini ialah sebuah transmisi data yang benar – benar  akurat dimana pada jaringan ini bisa kita bisa mencicipi susukan internet tanpa kabel dengan mengadopsi teknologi susukan broadband yang di salurkan atau dihubungkan secara eksklusif pada sebuah jaringan  Internet.

Teknologgi jaringan tanpa kabel ini juga mempunyai rata – rata Kecepatan transfer data yang diberikan kepada para penggunanya bisa mencapai kecepatan sebesar 54 Mbit / s ( 54 Mega bit per detik ). Tetapi ada kelebihan niscaya ada kekurangan, kekurangan dari jaringan kabel ini terdapat pada jarak tempuh, biasanya standar jangkauan yang diberikan jaringan tanpa kabel ini biasanya tidak melebihi 50 – 70 meter.


WiMax

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) ialah jaringan yang hamper ibarat dengan dengan teknologi Wifi, dimana pada jaringan ViMax ini juga mempunyai sebuah susukan akses broadband yang eksklusif terhubung dengan jaringan Internet.

Tetapi jaringan WiMAX ini, tidak mirip teknologi radio tradisional pada umumnya, melainkan jaringan ViMax ini beroperasi pada sinyal yang dipantulkan dari suatu garis pandang dari base station. Dari jaringan ViMax ini sendiri telah banyak Para mahir yang mengutarakan argumentasinya, bahwa jaringan ViMax jauh lebih terbuka dan lebih perspektif.

Yang lebih menarik bagi pengguna dari fixed WiMAX  ialah alasannya ialah dirancang untuk pelanggan korporat dan kecepatan susukan yang diberika jaringan ViMax ini bisa mencapai 80 MBPS


Radio Ethernet 

RadioEthernet ialah sebuah terobosan jaringan teknologi susukan broadband ke Internet, yang dimana jaringan ini menyediakan kecepatan data 1-11 Mbit/s, yang kemudian  melalui banyak sekali tahap pembagian di antara semua pengguna aktif.

Untuk bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara struktural RadioEthernet-channel ini memang membutuhkan garis pandang antara stasiun antena pelanggan. Dan biasanya jarak asks / Jangkauan yang diberika jaringan ini bisa mencapai jarak sampai 30 km.


MMDS 

MMDS (Multichannel Multipoint Distribution System) ialah sebuah system jaringan yang bisa melayani wilayah dalam radius 50-60 km, dan garis pandang. Rata-rata kecepatan akses  500 kbit / s – 1 Mbit / s, namun secara maximal sampai 56 Mbit / s per saluran.


LMDS

LMDS (Local Multipoint Distribution System) ialah sebuah jaringan yang menjadi standar untuk jaringan seluler, transmisi data nirkabel untuk para pelanggan fixed-line. Perlu anda ketahui kalau Sistem ini diciptakan dan memang didasarkan atas dasar selular, satu base station disini sanggup menutupi area dengan radius beberapa kilometer (10 mil) dan menghubungkan beberapa ribu pelanggan, jaringan lmds ini sudah terbilang sangat anggun bukan. Dan lebih penting lagi kecepatan susukan jaringan ini bisa mencapai 45 MBPS


Internet Ponsel GPRS

Internet Ponsel GPRS bisa didefinisikan sebagai Cara atau metode susukan Internet  memakai layanan “Mobile Internet” memakai layanan GPRS, pengguna harus mempunyai Hand Phone dengan built-in GPRS modem. Teknologi GPRS menawarkan kecepatan data sampai 114 kbit/s. baca Teknologi modem GSM


Internet Ponsel CDMA 

Internet Ponsel CDMA ialah suatu Cara susukan Internet yang intinya telah  memakai layanan standar CDMA , yang merupakan layanan mobile Internet kecepatan tinggi. Untuk memakai layanan “Mobile Internet” pada layanan  teknologi CDMA kita terlebih dahulu harus mempunyai Hand Phone built-in CDMA.

Perlu anda ketahui juga bahwa modem CDMA atau modem komputer CDMAtelah menyediakan kecepatan data sampai 153 kbit / s atau 2400 kbit/s  dengan memakai sebuah teknologi EV-DO


Kelebihan dan Kekurangan Wireless

A. Kelebihan Wireless

  1. Pembagunan jaringan yang cepat.
  2. Mudah dan murah untuk direlokasi.
  3. Biaya pemeliharaannya murah.
  4. Infrastruktur berdimensi kecil.
  5. Mudah untuk dikembangkan.
  6. Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan gampang tanpa memakai media kabel.
  7. Mudah sekali untuk di-setup, dan juga handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.



B. Kekurangan wireless

  • Keamanan atau kerahasiaan data data rentan.
  • Interferensi gelombang radio.
  • Delay (kelambatan) yang besar.
  • Biaya peralatan rata-rata mahal.
  • Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
  • Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara maupun cuaca, artinya kualitas dari koneksinya ketika cuaca anggun akan berbeda, ketika kualitas koneksi cuaca jelek (kalau digunakan diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.
  • Mahal dalam investasinya, kalau dibanding dengan memakai media kabel.
  • Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, kalau dibandingkan dengan memakai media kabel.