Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dan Laba Yang Sanggup Didapatkan Dari Jaringan Komputer

bang2 sutara - Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang memakai teknologi ini, telah membuat banyak sekali konsekuensi, diantaranya ialah peningkatan ketergantungan terhadap teknologi.

Bagi sebagian besar kalangan masyarakat, pekerjaan mereka dikala ini harus diselesaikan dengan perankat komputer serta perangkat pendukung lainnya. Salah satu bentuk penerapan teknologi komputer tersebut ialah sistem jaringan komputer.

Jaringan komputer ialah sekumpulan komputer dan sekumpulan perangkat hitung lain yang saling terhubung untung membuatkan sumber daya. Sumber daya yang paling terkenal ialah konenksi ke internet. 

Sumber daya yang lainnya bisa mencakup printer atau file server. Komputer dalam jaringan bisa disebut nodes. Sambungan diantara komputer bisa melalui kabel, yang paling umum ialah kabel Ethernet, atau wireless. Komputer yang tersambung sanggup membuatkan sumber daya (sharing resource), ibarat mekakses internet, printer, dan lain lain

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunak Pengenalan dan Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Dari Jaringan Komputer

Pengertian Sistem Jaringan Komputer

Sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer serta perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama serta terarah. Tujuan dari jaringan komputer sendiri, antara lain sebagai berikut :
  • Membagi sumber daya, misalnya membuatkan pemakaian hardware serta membuatkan koneksi internet
  • Mudah dalam melaksanakan komunikasi antar komputer, misalnya ibarat penerapan e-mail atau bahkan media umum lainnya
  • Kegiatan instan messaging atau chatting
  • Akses informasi, misalnya web browsing
  • Dasar contoh dalam membangun sistem jaringan warnet atau game online erta membangun sitem jaringan dalam suatu instansi atau suatu perusahaan
Dengan memakai jaringan komputer, kalian juga akan mendapat beberapa keuntungan, diantaranya ialah :

1. Hardware Sharing

Menerapkan sistem jaringan kompute, memungkinkan untuk membuatkan pakai hardware (perankat keras) secara bersamaan. Dengan kata lain, dalam jaringan komputer sebuah hardware ibarat printer sanggup dipakai secara bersamaan selama masih tersambung atau terhubung di jaringan tersebut.

Begitu pula dengan penggunaan hardware scanner, CD/DVD ROM, HardDrive serta perangkat keras lainnya yang memungkinkan untuk bisa dipakai secara bersamaan dalam keadaan terhubung pada jaringan komputer tersebut


2. High Performance

Dengan memakai jaringan komputer, kaian akan mendapat tingkat kemampuan yang tinggi dengan mempunyai sumber data alternatif. Misalny, data yang dipakai sanggup disimpan atau di copy ke beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan komputer (sharing data).

Sehingga kalau salah satu komputer pada jaringan komputer tersebut rusak, maka salinan data tersebut masih bisa di susukan dari perangkat komputer lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Sistem jaringan komputer sangat memungkinkan untuk membuatkan data serta informasi, termasuk juga membuatkan koneksi internet sehingga sangat mempunyai kegunaan sekali dalam menangani persoalan dikala beberapa komputer yang terhubung kedalam jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet secara individual.


4. Data Security

Dalam sistem jaringan komputer memungkinkan seorang eksekutif (orang yang mengatur jaringan komputer) sanggup melaksanakan pengontrolan data-data penting biar bisa diakses oleh para pengguna yang berhak saja, sehingga data didalamnya alan lebih terjamin keamanan dan keutuhannya.


5. Saving Money

Manfaat lain dari istem jaringan komputer ialah penghematan biaya pengeluaran untuk pembelian hardware, sebab peralatan pheriperal dalam sistem jaringan komputer sanggup dipakai secara bersamaan, dengan catatan perangkat-perangkat komputer tersebut masih terhubung dengan baik pada jaringan tersebut