Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Flashdisk Otg Dan Fungsi Flashdisk Otg

bang2 sutara, Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan, dahulu kecanggihan dunia maya hanya bisa didapatkan lewat teknologi komputer saja. Namun kini kepopuleran smartphone mampu menyaingi pamor dari teknologi komputer, aneka macam macam fitur yang biasanya bisa di saluran melalui komputer untuk ketika ini fitur - fitur komputer sudah bisa dirasakan di perangkat smartphone, salah satunya ialah fitur OTG yang ada pada smartphone.

Apa itu OTG ? OTG ( On The Go) adalah sebuah standarisasi perangkat semoga sanggup terkoneksi dengan USB sehingga memungkinkan perangkat membaca data dari USB tanpa harus membuka nya dari perangkat komputer

OTG merupakan salah satu fitur pada smartphone yang mempunyai suatu kemampuan untuk membaca perangkat flashdisk melalui port USB OTG (Universal Serial BUS). Perlu anda ketahui bahwa OTG ini sudah ada semenjak dulu yang hanya bisa diakses melalui Handphone tertentu saja, menyerupai Nokia dengan Type N900 dan itu juga bisa dilakukan dengan sumbangan swithc cable OTG.

Untuk kalian pengguna smartphone, mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru. Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone / ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android, java maupun symbian sanggup menjalankan fungsi USB OTG.

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, ialah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang mempunyai port USB menyerupai pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya menyerupai USB flashdrive, mouse, atau keyboard sanggup terpasang kepada mereka. Tidak menyerupai sistem USB konvensional, USB OTG sanggup bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Namun, untuk ketika ini fitur OTG sudah sangat leluasa bisa diakses melalui perangkat smartphone apapun yang sudah mendukung eksklusif tanpa harus memakai switch cable OTG dan tentunya juga telah didukung oleh perangkat flashdisk yang sudah mempunyai dua sisi konektor yang berbeda.


Baca Juga Artikel Lainnya :

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG


Pengertian Utama Flashdisk OTG

Pada dasarnya pengertian Flashdisk OTG sama saja dengan Flashdisk biasa yaitu sebagai media yang dipakai untuk penyimpanan data atau file portable yang bersifat permanen, namun pada perangkat Flashdisk OTG mempunyai dua ujung konektor yang berbeda, dimana konektor pertama bisa kalian saluran melalui port USB komputer sedangkan sisi konektor lainnya sanggup kalian gunakan pada port USB Smartphone

Fungsi Utama Flashdisk OTG

  • Sebagai alat atau media untuk penyimpanan data
  • Sebagai media yang dipergunakan untuk melaksanakan penyalinan dan pemindahan data pada komputer atau smartphone
  • Dapat menghubungkan Memory Card Reader, Flashdisk atau Hard Disk Eksternal secara eksklusif lewat Android
  • Dapat melaksanakan transfer data eksklusif dari flash disk tanpa butuh Komputer dulu. Sehingga dengan adanya akomodasi ini sanggup lebih ekonomis waktu dan kawasan dalam pemindahan data.
  • Mempermudah pekerjaan kita, menyerupai contohnya dengan hanya menancapkannya flashdisk USB OTG ke android atau iphone anda, maka anda bisa menemukan pekerjaan yang anda cari. anda sanggup mengetik dengan dengan keyboard dan mouse fisik.
Menilik dari beberapa pengertian diatas, Fitur USB On The Go mempunyai banyak manfaat. Secara standar USB On The Go membantu device untuk melaksanakan pembacaan dan penulisan data menyerupai flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) menyerupai mouse, keyboard, serta gamepad.

Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data.


Alternatif Flashdisk OTG (OTG Connector)

Secara simpelnya, Flashdisk OTG merupakan flashdisk yang mempunyai dua konektor yang bisa diakses melalui port usb komputer dan juga port usb smartphone. Dalam hal ini, jikalau kalian tidak mempunyai Flashdisk OTG dan hanya mempunyai jenis flashdisk biasa yang hanya bisa diakses di perangkat komputer, kalian bisa mengatasi dilema tersebut dengan membeli OTG Connector

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG
Secara fungsional, OTG connector ini mempunyai peranan yang sama dengan flashdisk OTG, namun dalam beberapa kasus, OTG Connector ini mempunyai kelebihan tersendiri, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Membaca Flashdisk dan Menambah Kapasitas Memori

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Jika kalian mempunyai flashdisk yang dilengkapi kemampuan USB OTG, kalian bisa eksklusif menancapkannya pada smartphone. dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage di Android, kalian bisa menyulap flashdisk untuk dipakai sebagai memori internal. Dan jikalau smartphone kalian tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kalian hubungkan bisa dipakai sebagai memori pemanis untuk menyimpan file musik, foto atau video.


2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Berkat adanya fitur Host Mode, smartphone bisa dipakai sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kalian sanggup memakai keyboard dan mouse wireless semoga memudahkan kalian mengoperasikan smartphone


3. Membaca Data Mengakses Card Reader

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Saat kalian mempunyai banyak foto menarik di SD Card yang dipakai di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer, kalian bisa eksklusif membaca data yang ada di dalamnya memakai card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. 


4. Merubah Smartphone Menjadi Power Bank

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Smartphone dengan kapasitas baterai yang sangat besar, sudah dipastikan akan abadi baterainya. Dalam kasus ini, jikalau smartphone kalian sudah support USB OTG dan juga mempunyai baterai yang sangat besar menyerupai ASUS ZenFone Max, kalian bisa menggunakannya sebagai power bank. 


5. Membaca HardDisk Eksternal

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Pengguna komputer niscaya dekat dengan yang namanya harddisk eksternal. Pasalnya, perangkat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data penting lainnya. Jika, kalian mempunyai smartphone yang sudah support OTG, kalian bisa membaca data di harddisk eksternal eksklusif di smartphone memakai USB OTG


6. Membaca CD / DVD Player

 Dunia kala modern ini kian semakin canggih dan elegan Pengertian Flashdisk OTG dan Fungsi Flashdisk OTG

Selain fungsi diatas, jikalau smartphone kalian sudah support OTG, kalian juga bisa membuka atau membaca perangkat CD / DVD Player eksklusif di smartphone tersebut


Rekomendasi Flashdisk OTG Terbaik Saat ini

Merk flashdisk yang anggun dan Aksesphone rekomendasikan ialah Flashdisk otg sandisk. Mengapa harus sandisk? Ga brand lain. Hal utama menentukan sandisk ialah sebab kualitas dan keawetannya.

Berikut alasan bang2 sutara menentukan flashdisk otg sandisk:

  • Sandisk perusahaan besar dengan kualitas yang bagus
Siapa pengguna gadget yang tidak kenal sandisk, ya sandisk sudah bertahun-tahun berpengalaman dibidang flash memory storage (kartu memory, ram, flashdisk, dll)

  • Super Cepat,  transfer Kecepatan dari Drive ke Komputer
Transfer dari flash drive dual Anda ke port komputer USB 3.0 mempunyai kecepatan sampai 130MB / s Menulis kecepatan rendah dan berbeda dengan kapasitas drive. Port USB 3.0 diperlukan. Berdasarkan pengujian internal; (Kinerja mungkin lebih rendah tergantung pada perangkat utama). 1MB = 1.000.000 byte.

Kecepatan menyerupai ini memungkinkan untuk memindahkan seluruh film, buku audio, atau perpustakaan musik hanya dalam hitungan detik. Dan yang membantu menciptakan smartphone Android on-the-go anda ke perangkat hiburan serta kamera favorit Anda.

  • Kapasitas sampai 128GB
Menawarkan sampai 128GB Penyimpanan pengguna yang tolong-menolong kurang. Penyimpanan, flashdisk otg SanDisk USB 3.0 menawarkan Anda lebih dari kapasitas yang cukup untuk foto atau musik perpustakaan digital besar dan banyak ruang untuk bergerak video kemarin off ponsel Anda sehingga Anda mempunyai ruang untuk menangkap apa yang terjadi hari ini.

  • SanDisk Memory Zona App Mengelola File
Unduh aplikasi SanDisk Memory Zona dari Google play store Dan menggunakannya untuk memantau memori yang tersedia dengan efisien mengelola, mengatur, dan cadangan file yang tersimpan di smartphone Android Anda.

  • Secara otomatis Terdeteksi Ketika Terhubung
Flashdisk otg yang satu bersifat "plug and play" flash drive otg secara otomatis terdeteksi ketika Anda terhubung ke sebuah smartphone Android OTG atau tablet.

  • Kompatibilitas dan Garansi
Flashdisk otg SanDisk Ultra Ganda Drive USB 3.0 kompatibel dan bekerja eksklusif dengan PC dan komputer Mac yang menjalankan Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS 10.6. Flashdrive otg  ini didukung oleh garansi lima tahun.