Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Floppy Disk, Fungsi Floppy Disk Dan Cara Kerja Floppy Disk

bang2 sutara, Pengertian Floppy Disk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai kawasan penyimpanan data pada komputer yang bersifat portable dimana perangkat keras ini berjaya didunia teknologi komputer pada tahun 1990-an.

hardware yang satu ini sempat terkenal dikarenakan telah diklaim sanggup mengambil dan menyimpan file dari satu komputer ke komputer yang lainnya lain. Tetapi dengan seiring perkembangan teknologi, kehadiran floppy disk ini juga sudah mulai tergeser dengan adanya perangkat lain menyerupai adanya flashdisk..

Karakteristik dari Floppy Disk ialah sebuah  perangkat yang memiliki "keahlian" sebagai kawasan penyimpanan data yang dimana komponennya terdiri dari sebuah medium magnetis yang memiliki bentuk  tipis dan elastis yang terdapat pada bab atas tengah dari perangkat keras disketnya, serta hardware yang stu ini juga dilapisi lapisan berbentuk persegi.

Tetapi untuk ketika ini, keberadaan disket sendiri sudah hampir punah dan hampir sulit ditemukan juga keberadaannya dikarenakn kini sudah banyak media-media penyimpanan lainnya yang terbilang cukup canggih menyerupai flashdisk, CD-RW, CD-R, ZIP Drive, DVD-R dan DVD-RW. Perlu anda ketahui juga walaupun sudah banyak media penyimpanan yang baru, floppy disk masih tetap dipertahankan dan kalau anda lihat masih banyak media Floppy disk ini yang masih terpasang pada perangkat komputer di kala sekarang.


 merupakan sebuah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai kawasan penyimpana Pengertian Floppy Disk, Fungsi Floppy Disk dan Cara Kerja Floppy Disk

Perkembangan Floppy Disk

Sekitar tahun 1969 ialah awal dari kemunculan hardware yang satu ini. kalau melihat dari segi ukurannya, pada awal kemunculannya Floppy Disk ini berukuran sekitar 8 inchi dan kapasitas dari floppy disk ini masih terbilang sangat minim sekali, hardware ini hanya bisa menampung kapasitas file hanya hingga 79,7kb.

kekurangan floppy disk juga, mereka memiliki sifat yang "read only " dalam istilah lain floppy disk ini hanya bisa menyimpan sebuah data tanpa bisa di hapus dan diedit lagi, jadi file yang sudah masuk ke perangkat floppy disk hanya bisa kita baca saja.

Kemudian pada ahun 1976, perkembangan dari floppy disk pun mulai diusung, pada kala tersebut floppy disk hadir dengan bentuk ururan berkisar 5¼ inchi dan kemampuan penyimpanan datanya pun sudah mulai meningkat yakni sebesar 110 KB dan 360 KB.kemudian puncak dari kejayaan floppy disk ini terjadi pada tahun 1990an yang dimana kapasitas penyimpanan dari floppy disk ini memiliki kapasitas sebesar 200 MB dimana kapasitas ini memiliki ukuran fisik sekitar 3½ inchi pun menjadi lebih banyak didominasi dieranya.


Fungsi Utama Floppy Disk

Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan suatu data atau file dengan ukuran penyimpanan memory yang sangat terbatas dimana kapasita paling besar hanya mencapai 200MB saja. Data yang disimpan pada disket juga sanggup dipergunakan dan dibaca pada komputer lain tanpa bisa dilakukannya sebuah pengeditan dan abolisi pada data tersebut, alasannya type FD ini hanya bersifat Read Only.