Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive Dan Cara Kerja Floppy Drive

bang2 sutara, Pengertian Floppy Drive yaitu salah satu perangkat keras komputer yang dipakai sebagai media pembaca sebuah disket atau Floppy disk, dimana intinya floppy drive ini mempunyai fungsi yang sama dengan perangkat CD / DVD Rom. namun untuk dikala ini floppy drive sudah sangat jarang sekali penggunanya.

Dimasa periode jayanya perangkat keras ini merupakan sesuatu komponen yang sanggup dikatakan wajib terpasang pada sebuah komputer, dimana pada waktu dulu para pengguna komputer masih memakai Floppy disk sebagai kawasan untuk menyimpan data atau besar alasannya yaitu pada masa itu perangkat keras menyerupai flashdisk dan CD belum tercipta.

Namun kekurangan dari penyimpanan Floppy disk ini yaitu ruang penyimpanannya yang snagat minim sehingga para pengguna komputer pun tidak sanggup leluasa untuk menyalin semua filenya ke dalam Floppy Disk tersebut.


Baca Juga Artikel Lainnya : 

 yaitu salah satu perangkat keras komputer yang dipakai sebagai media pembaca sebuah di Pengertian Floppy Drive, Fungsi Floppy Drive dan Cara Kerja Floppy Drive


Perlu anda ketahui bahwa Floppy Disk pertama di ciptakan oleh IBM pada tahun 1967 dan berukuran 8 inch. Kemudian di kembangkan menjadi 5.25 inch. alasannya yaitu sifat kemasan yang fleksibel maka di beri nama disket. Tidak hingga pertengahan periode tahun 1980-an Floppy Disk berkembang lagi menjadi 3.5 inch yang lalu mengontrol pasar sepanjang periode 90-an.

Pada tahun 1971 IBM memperkenalkan ” memory disk ” pertama, yang lalu populer dengan floppy disk atau disket. floppy pertama merupakan disk plastik yang di lapisi besi magnetik oksida; data di tulis dan di baca dari permukaan disk. Nama “floppy” di ambil alasannya yaitu sifatnya yang fleksibel.

Untuk mengetahui klarifikasi lebih ihwal floppy disk, kalian sanggup membacanya di artikel Pengertian Floppy Disk, Fungsi Floppy Disk dan Cara Kerja Floppy Disk


Fungsi Floppy Drive

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Floppy Drive ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan perangkat keras CD / DVD Rom, yakni sebagai media pembaca sebuah perangkat penyimpanan data yang dibentuk didalam bentuk disk, namun media penyimpanan yang digunakannya yaitu Floppy Disk.


Kekurangan dan Cara Perawatan Ploppy Drive

Disk drive sangat gampang terkena abu atau kotoran yang terbawa oleh disket sehingga sanggup menganggu fungsionalitas disk drive. Biasanya gejalagejala yang muncul akhir disk drive kotor yaitu disket tidak sanggup dibaca dan adakala error.

Langkah-langkah pembersihannya yaitu sebagai berikut:

  • Operasikan sistem komputer.
  • Masukkan disk cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke drive A.
  • Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A.


Bagian Penting Pada Floppy Disk Drive

  • Read/Write Heads: Ditempatkan pada 2 kawasan di disket. Mereka bergerak bersama pada dikala disket mulai bekerja. Head pertama dipakai untuk membaca dan menulis data, sedangkan head kedua berfungsi untuk menghapus data pada track ketika track tersebut sudah ditulis.
  • Drive Motor: Sebuah mesin motor yang sanggup memutarkan disk pada kecepatan 300 hingga 360 rotasi per menit (RPM).
  • Stepper Motor: Berfungsi untuk menempatkan heads ke track yang tepat, sesuai yang diinginkan oleh komputer. Head dari read/write akan dirapatkan biar menempati track yang sesuai.
  • Mechanical Frame: Sebuah tuas yang sanggup membuka sedikit dari protective window pada disket. Agar heads dari read/write sanggup menyentuh media disketnya. Tombol luar dari disket mengizinkan pengguna untuk melaksanakan pengeluaran disket.
  • Circuit Board: Mengandung semua perangkat untuk melaksanakan kiprah membaca atau menulis pada disket. Circuit Board (Papan Sirkuit) ini juga mengatur bagaimana pergerakan heads pada media disket.


Proses Penulisan Pada Disket

  • Program komputer akan meneruskan aba-aba ke hardware komputer untuk menulis data pada floppy disk.
  • Kemudian, hardware komputer dan kontroller dari disket akan menyalakan Motor pada disket untuk memutar floppy disk. Disk yang ada di disket berbentuk bulat dan terdiri dari segmen-segmen kecil yang dinamakan sector.
  • Motor yang kedua, yang dinamakan stepper motor yang berfungsi untuk menempatkan heads ke track selanjutnya. Proses ini biasanya terjadi pada dikala heads berada di track sebelumnya dan ingin mengakses track lainnya. Waktu dari track sebelumnya ke track setelahnya dinamakan "access time". 
  • Head dari read/write akan berhenti pada track. Head dari read akan mengecek apakah track tersebut  mempunyai data atau tidak.
  • Sebelum data dari kegiatan ditulis pada disket, sebuah erase coil akan membersihkan sector tersebut. Ukuran dari head pada write lebih besar daripada sector yang akan ditulis datanya.
  • Head dari write yang telah diberikan energi akan menaruh data pada disket dengan cara memperlihatkan magnet pada permukaan media recording (perekaman).
  • Disket akan berhenti berputar. Disket kini akan menunggu perintah selanjutnya dari komputer.