Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jaringan Komputer, Jenis - Jenis Jaringan Komputer Dan Model Jaringan Komputer

bang2 sutara, Jaringan komputer yakni sebuah sistem yang terdiri dari dua buah atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain dengan memakai media transmisi serta media komunikasi sehingga komputer - komputer tersebut sanggup saling berkomunikasi dan menyebarkan data ibarat file, perangkat keras maupun pada aplikasinya.

Istilah jaringan komputer sendiri intinya juga sanggup diartikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari sua komputer atau lebih yang saling berhubungan.

Tujuan awal dibangunnya sebuah jaringan komputer yakni biar para pengguna komputer (user) sanggup menyebarkan sebuah file, dokumen, dan juga perangkat keras didalam sebuah jaringan dengan menggunaka media transmisi dimana informasi tersebut dibawa oleh pengirim (transmitter) sehingga sanggup disampaikan kepada akseptor (receiver) dengan sempurna dan sesuai dengan apa yang disampaikan


Baca Juga  Artikel Lainnya:

 yakni sebuah sistem yang terdiri dari dua buah atau lebih perangkat komputer yang saling Pengertian Jaringan Komputer, Jenis - Jenis Jaringan Komputer dan Model Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Memudahkan kita untuk sanggup mengakses file yang kita yang kita miliki, sekaligus kita juga sanggup mengakses file dari orang lain yang telah dilakukan penyetelah berbagia file atau sudah disebarluaskan melalui sebuah jaringan, sperti pada Internet

Dengan adanya jaringan komputer, kita juga sanggup melaksanakan proses pengiriman data secara cepat, sempurna dan efisien. Jaringan komputer membantu seseorang berafiliasi dengan orang lain dari banyak sekali negara dengan mudah.

Selain itu, pengguna juga sanggup mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan pemberian jaringan komputer.Kita sanggup mengakses informasi atau informasi dengan sangat gampang melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu pola jaringan komputer.

Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk dipakai oleh semua karyawan kantor tersebut dengan pemberian jaringan komputer.

Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Umumnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu menurut jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan menurut jenis topologi yang digunakan. Berikut klasifikasi lengkapnya :

Pada dasarnya di setiap instansi atau forum tempat belajar, kita hanya mengenal beberapa jenis jaringan komputer, ibarat LAN, MAN dan WAN. Namun pada realitanya ada istilah jenis jaringan komputer yang jarang kita ketahui namanya, namun sering kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Jenis jaringan komputer tersebut yakni PAN (Personal Area Network)

1. PAN (Personal Area Network)
Sesuai dengan namanya PAN (Personal Area Network) hanyalah jenis jaringan komputer yang meliputi area seseorang. Contoh yang paling umum yakni jaringan wireless atau nirkabel yang menghubungkan komputer dengan perangkatnya.

Hampir semua komputer kalau menghubungkan perangkat ibarat monitor, keyboard, dll memakai kabel. Dikarenakan media kabel yang banyak kekurangan ibarat jarak yang tebatas, maka dibuatlah sebuah jaringan wireless jangkauan rendah yang kita kenal dengan Bluethooth. 

Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya meliputi wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

Biasanya jaringan LAN memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.Selain memakai teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang memakai teknologi nirkabel ibarat Wi-fi untuk jaringan LAN.


2. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang meliputi suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan adonan dari beberapa jaringan LAN.Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km.

MAN hanya mempunyai satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi menciptakan rancangan menjadi lebih simple.


3. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan yang jangkauannya meliputi tempat geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua.

WAN umumnya dipakai untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna sanggup berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda.

 

Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

1. Jaringan Terpusat
Yang dimaksud jaringan terpusat yakni jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai mediator dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak mempunyai alat pemroses data.


2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

 

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

1. Jaringan Kabel (Wired Network)
  • Media transmisi data yang dipakai dalam jaringan ini berupa kabel.
  • Kabel tersebut dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya biar sanggup saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet. 
  • Salah satu media transmisi yang dipakai dalam wired network yakni kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel / Tanpa Kabel (Wireless Network)
  • Dalam jaringan ini diharapkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.
  • Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan memakai gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya.
  • Wireless adapter, salah satu media transmisi yang dipakai dalam wireless network.

 

Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

1. Jaringan Client-Server 
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya sanggup memakai sumber daya data tersebut.


2. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama.Jadi, komputer server sanggup menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga sanggup menjadi komputer server.

 Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan

Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Baca juga Artikel perihal Topologi Jaringan .

Baca juga Artikel Lainnya :