Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kabel Jaringan Komputer Dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

bang2 sutara, Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali, jikalau kita tafsirkan dari nama yang diusungnya, jenis kabel jaringan juga jikalau dilihat dari bentuk fisiknya tidak mempunyai perbedaan dengan jenis kabel biasa pada umumnya. 

Tetapi jikalau didefinisikan secara lebih spesifik arti dari kabel jaringan yang meliputi dunia komputer yaitu suatu perangkat keras perangkat komputer yang mempunyai jenis kabel dimana perangkat keras ini telah dirancang dengan suatu kriteria yang khusus dimana perangkat keras ini menjadi salah satu perangkat keras yang sangat diharapkan untuk memenuhi persyaratan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Dari klarifikasi diatas sanggup disimpulkan, bahwa pengertian Kabel jaringan yaitu sebuah sistem jaringan komputer yang memakai kabel sebagai media utama dalam melaksanakan transmisi paket data. Koneksi jaringan memakai kabel sanggup diterapkan pada hampir seluruh jenis jaringan, Kabel jaringan ketika ini masih banyak dipakai meskipun sudah ada alat alternatif lain yaitu memakai jaringan wireless.

Alasan yang mendasari jenis jaringan ini masih banyak dipakai secara luas lantaran jaringan kabel bisa menyuplai kebutuhan jaringan sampai kedaerah pelosok, yang belum teraskes jaringan secara wireless. Biaya untuk membagun jaringan kabel masih jauh lebih murah dibanding membangun jaringan wirelees. Kabel jaringan cenderung lebih stabil dalam mentransmisikan data dan jaringan komputer juga cenderung tidak terpengaruh cuaca.

Dalam penggunaannya, kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang biasanya diubahsuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu. Sebagai contoh, ada kabel jaringan komputer yang dipakai dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet), namun ada pula penggunaan kabel jaringan komputer yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet).

Perlu diketahui, bahwa perangkat keras ini mempunyai fungsi sebagai media transmisi yang terarah dengan mempunyai sebuah kiprah untuk menghubungkan antara dua atau lebih perangkat komputer yang sudah mempunyai jaringan internet dimana tujuan utamanya yaitu untuk bisa membuat suatu komunikasi antara suatu komputer dengan komputer lainnya dan bisa melaksanakan acara mengembangkan file.


Baca Juga  Artikel Lainnya:

 Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali Pengertian Kabel Jaringan Komputer dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

1. Jenis Kabel Coaxial

 Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali Pengertian Kabel Jaringan Komputer dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Kabel jaringan yang mempunyai jenis coaxial merupakan suatu kabel jaringan komputer yang jikalau kita lihat secara mendetail, kabel jaringan ini mempunyai tampilan fisik yang strukturnya terdiri dari sebuah rangkaian kawat tembaga yang menjadi potongan inti dari kabel jenis coaxial.

Kemudian dilapisi oleh sebuah isolator pada lingkar dalam dan dikelilingi oleh sebuah konduktor bagian. Pada potongan lapisan pembungkus kabel dengan jenis coaxial ini memakai materi sejenis PVC yang dijadikan lapisan isolator pada potongan luarnya.

Jenis kabel Coaxial pada umumnya dipakai untuk sebuah topologi dengan tipe bus dan tipe ring, Akan tetapi kehadiran dan kegunaan kabel coaxial pada ketika ini sudah tidak banyak dipakai pada jenis LAN yang memang sudah mempunyai spesifikasi yang tinggi.

Para pengguna dan vendor - vendor pembuat perangkat komputer menentukan meninggalkan jenis kabel yang satu ini, itu semua dikarenakan ferporma kabel ini yang tidak bisa mensupport kualitas jaringan yang maximal pasalnya telah banyak ditemukan kekurangan terutama persoalan jangkauan yang dihasilkan kabel jenis ini sangatlah terbatas.


2. Jenis Kabel Twisted Pair

 Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali Pengertian Kabel Jaringan Komputer dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Baca Juga Artikel Lengkapnya : 

Jenis kabel yang mempunyai jenis twisted pair merupakan suatu kabel jaringan komputer yang sudah didesain dengan tampilan yang sudah mempunyai bentuk fisik kabel yang terdiri atas beberapa pasangan yang di klasifikasikan berdasarkan warna tertentu yang disusun secara berlilitan.

Jenis Kabel Twisted Pair ini juga sanggup dibagi menjadi 3 kelas yakni kabel FTP (Foiled Twisted Pair), kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), dan kabel Shielded Twisted Pair yang dikenal dengan kabel STP.


Penjelasan Kelas Kabel UTP


1. Unshield Twisted Pair (UTP)

Seperti namanya Unshield Twisted Pair yang berarti kabel twisted pair jenis ini tidak dilengkapi dengan shield yang melindungi dari gangguan elektromagnetik. Kabel jenis ini mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan kabel jenis STP sehingga cocok dipakai pada jaringan rumahan dan bahkan untuk kantor yang membutuhkan biaya rendah.



2. Shield Twisted Pair (STP)


Shield Twisted Pair merupakan jenis kabel yang mempunyai shield yang melindungi dari gangguan elektromagnetik. Kabel jenis ini mempunyai harga yang lebih mahal dari jenis UTP lantaran dilengkapi dengan shield yang membungkus sepanjang kabel, yang juga membuat kabel sedikit kaku dan lebih berat. Kabel jenis ini cocok untuk dipakai pada perusahaan skala besar yang membutuhkan kinerja yang maksimal.

Selain memahami kedua jenis kabel UTP diatas, langkah selanjutnya yang memang harus kita pelajari dengan baik yaitu penerapan shield pada kabel jenis twisted pair yang mempunyai tiga macam tipe, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Individual Shield (U/FTP)
Individual Shield melindungi tiap pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.

  • Overall Shield (F/UTP, S/UTP, dan SF/UTP)
Overall Shield melindungi seluruh pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar.

  • Individual dan Overall Shield (F/FTP, S/FTP, dan SF/FTP)
Tipe ini merupakan adonan dari Individual dan Overall Shield yang mana melindungi setiap pasang kabel dan juga seluruh pasang kabel dengan foil. Hal ini berfungsi untuk melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.


Penjelasan FTP, STP dan UTP

Meskipun ketiga jenis kabel ini mempunyai susunan kabel dan bentuknya yang sama, namun terdapat suatu perbedaan yang terletak dari materi utama pembungkus dan materi materialnya sehingga hal inilah yang memperlihatkan dampak Performa yang berbeda, terlepas dari itu juga, ketiga jenis kabek ini juga mempunyai suatu kelebihan dan kekurangan masing - masing yang bisa dijadikan tolak ukur oleh para pengguna jaringan komputer.

Pada point utama anda harus mengetahui kelas kabel twisted pair yang mengusung jeni UTP atau yang dikenal sebagai "Unshilded Twister pair" yang jikalau dilihat sesuai namanya kabel jenis ini tidak dilengkapi dengan sebuah pelindung alumunium foil sehingga jenis kabel yang satu ini sangat rentan akan suatu radiasi yang dihasilkan medan magnet atau sebuah voltase yang cukup tinggi

Beda dengan jenis kabel FTP dan jenis kabel STP, kedua jenis kabel ini memang sudah dilengkapi dengan pelindung ["Shielded"] sehingga jenis kabel ini sudah dilengkapi dengan kemampuan yang lebih untuk bisa tetap bertahan dengan suatu gangguan interferensi dari gelombang elektromagnetik yang berasal dari area yang berdekatan dengan fisik kabel tersebut.


3. Jenis Kabel Fiber Optik

 Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali Pengertian Kabel Jaringan Komputer dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer

Jenis kabel yang satu ini merupakan jenis kabel jaringan komputer yang sudah mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi dan sudah bisa dikatakan sebagai salah satu model yang sudah dibentuk dengan suatu teknologi yang paling gres yang diklaim bisa memperlihatkan suatu akselerasi dan performa yang sangat bagus.

Pada awal kemunculannya kabel fiber ptik ini dirancang dan dikhusukan untuk sebuah jaringan yang memang dijadikan sebabai jaringan tulang punggung [ Backbone ] ibarat yang terdapat pada sebuah prusahaan dengan jaringan yang sangat besar dimana perusahaan tersebut memang membutuhkan suatu kecepatan yang lebih.

Tetapi dengan seiringnya perkembangan teknologi penggunaan kabel fiber optik ini tidak lagi dikhusukan untuk sebuah perusahaan yang mempunyai jaringan yang sangat besar, untuk ketika ini kabel fiber optik juga telah diadopsi dan dipakai oleh suatu jaringan biasa ibarat WAN, MAN dan Jaringan LAN lantaran kabel fiber optik ini memang bisa membrikan suatu performa koneksi yang sangat cepat dan sangat stabil.

Terlepas dari segala kelebihan dan kecanggihan yang diberikan fiber optik ini, keberadaannya tersebut belum bisa menggeser pamor dari kabel dengan jenis twisted pair ini, lantaran jikalau dilihat dari segi materialnya kabel dengan materi fiber optik ini memang mempunyai spedifikasi harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kabel jaringan yang lainnya. 


Fungsi Utama Kabel Jaringan Komputer

Untuk mengetahui fungsi utama dari kabel jaringan ini, kita hanya dengan melihat dari pengerian dari kabel jaringan itu sendiri sudah bisa disimpulkan fungsi kabel jaringan komputer ini,  fungsi utama dari kabel jaringan komputer ini yaitu suatu media yang dipakai sebagai salah satu perangkat keras yang dipakai untuk sebuah transmisi atau penghubung antara satu perangkat komputer dengan perangkat komputer yang lainnya dengan tujuan semoga bisa melaksanakan sebuah acara ibarat komunikasi dan mengembangkan file dimana media yang dijadikan acuannya yaitu sebuah jaringan internet.

Secara umum, sanggup ditarik kesimpulan berupa perbedaan dari ketiga jenis kabel jaringan yang sudah dibahas, beserta kunggulan dan juga kelemahannya :

 Dilihat secara fundamental pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali Pengertian Kabel Jaringan Komputer dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer