Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer Pc Dan Jenis - Jenis Pc

bang2 sutara, PC atau Personal Computer adalah Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC ini biasa ditemukan dilingkungan rumahan, toko, kantor ataupun daerah lainnya alasannya ialah intinya komputer PC ini sudah mempunyai spesifikasi dan harga yang relatif sehingga bisa terjangkau oleh setiap kalangan.

Fungsi dari PC ini ialah sebagai perangkat yang digunakan untuk mengolah data secara input dan akan menghasiilkan sebuah data berupa hard copy atau soft copy melalui output.Jika dilihat menurut klasifikasinya komputer pC ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Klasifikasi perangkat komputer dilihat menurut Operasional principle  (Prinsip Operasional)
  2. Klasifikasi perangkat komputer dilihat menurut Processing power (Daya Pengolahan)
  3. Klasifikasi perangkat komputer dilihat menurut Personal Computer (Penggunaan Pribadi) 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
  • Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah aneka macam macam data. Seperti data angka, bunyi dan gambar. (KBBI)
  • Komputer adalah suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas, yaitu mendapatkan input, memproses input sesuai dengan aba-aba yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)
  • Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan sanggup mendapatkan info input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan acara yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. (V.C Hamacher)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :


 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Klasifikasi perangkat komputer dari prinsip operasionalnya

Perlu anda ketahui Jenis-jenis perangkat komputer komputer kalau memang dilihat  menurut prinsip operasionalnya, komputer sanggup dibedakan menjadi beberapa kelas menyerupai komputer analog, komputer digital dan komputer hibrida. Untuk klarifikasi lebih lanjutnya, silahkan anda re-View klarifikasi berikut ini

Komputer Analog ( Analog Computer )

 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Mungkin sebagian dari kita masih sangat abnormal mendengan jenis komputer yang satu ini, itu mungkin alasannya ialah jenis komputer ini tergolong suatu perangkat teknologi yang memang beredar dan dikenal pada awal-awal perkembangan dari sebuah perangkat komputer serta perangkat komputer yang satu ini keberradaannya pun sudah hampir punah pada ketika ini.

Komputer analog ini berbeda dengan komputer digital, diman komputer analog ini sanggup menjalankan beberapa fungsi operasi matematika yang mana dalam duduk kasus ini pengoperasiannya bisa dilakukan secara bersamaan dalam interval waktu yang sama juga . Sistem komputer analog ini juga enggunakan variabel continue untuk operasi matematis serta memakai energi  listrik.


Komputer Digital ( Digital Computer )

 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Jenis komputer kedua yang kalau dilihat dari jenis operasionalnya ialah komputer digital. Mungkin anda sudah tidak lagi abnormal , dengan istilah komputer digital  ini alasannya ialah jenis komputer yang satu ini sudah bisa disandingkan dengan jenis – jenis perangkat komputer yang memang sudah digunakan dan dioperasikan  pada ketika ini.

Jenis komputer digital ini juga, sangat identik dengan sistemnya yang mengadopsi sirkuit digital dengan sistem yang dirancang untuk bisa  beroperasi dan digunakan pada dua state, yaitu bit 0 Data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s.

Komputer digital juga sangat cocok untuk penggunaan sistem komputasi yang kompleks serta mempunyai suatu kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dan stabil. Komputer digital di acara untuk ditujukan dalam tujuan umum dan tujuan khusus para penggunanya. Tujuan umum komputer digital ini bisa mencakup, menyerupai pengolahan data  tertentu   sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya digunakan untuk kebutuhan sehario - hari.


Komputer Hibrid ( Hybrid Computer )

 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Jenis komputer yang terakhir kalau dilihat dari segi operasionalnya ialah jenis komputer dengan mode hybrid, jenis komputer yang satu ini ialah jenis komputer yang pada sistemnya sudah memakai 2 type komputer sebelumnya, yaitu kombinasi antara komputer digital dan komputer analog. Pada jenis komputer ini, segmen dengan basis digital berperan dalam melaksanakan pengendalian proses dengan merubah sinyal analog ke sinyal digital



Klasifikasi komputer dilihat dari prinsip daya pengolahannya

Klasifikasi yang kedua ini kalau dilihat dari bahasa sistemnya sering dikenal dengan Processing Power ini lebih menjurus kepada sebuah akselerasi yang memang dihasilkan dari perangkat komputer itu sendiri.
Perlu anda ketahui juga bhwasannya penjabaran ini meiliki dua jenis yang dimana didasarkan kepada fungsi daya pengolahannya dan intinya ialah sebuah penjabaran dari aneka macam jenis – jenis computer yang menurut pada ukuran dan kekuatan sebuah perangkat computer tersebut dalam melaksanakan pemrosesannya.

Mainframe Komputer

 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Mainframe Komputer ialah suatu jenis computer yang mempunyai kapasitas yang bisa dibilang besar , itu semua dikarenakan computer dengan jenis ini memang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe Komputer  pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi organisasi yang besar.

Jika dilihat dari cara kerjanya sendiri mainframe komputer ini juga, sering digunakan untuk mengolah dan melaksanakan suatu proses aplikasi yang sangat kritis menyerupai yang sering digunakan pada ketika melaksanakan pengolahan data menyerupai riset, transaksi finansial, penataan sensus , dan melaksanakan sebuah penelitian.

Sebagian besar dari jenis komputer Mainframe ini sanggup melaksanakan pelayanan pengguna yang mencapai ratusan pada waktu yang sama, serta mainframe komputer ini mempunyai kapasitas yang mempuni untuk bisa melayani beberapa sistem operasi dimana sistem operasi tersebut beroperasi sebagai mesin virtual dan sanggup menggantikan fungsional beberapa server yang mempunyai kapasitas yang kecil.


Mikrokomputer

 Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC i Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC
Jenis yang terakhir yakni Mikro Komputer, ialah Sebuah perangkat komputer yang mengadopsi system mikroprosesor dengan memakai CPU dan pada umumnya jenis komputer yang satu ini lebih dikenal  sebagai komputer mikro ( Micro Computer ).

Jenis komputer mikro ini tidak menempati ruang sebesar komputer dengan type mainframe. Jika anda perhatikan secara fisiknya, pada ketika mikro komputer ini dilengkapi dengan perangkat keras menyerupai papan ketik (keyboard) dan sebuah mouse, maka mikrokomputer ini juga bisa disebut sebagai komputer langsung ( personal computer ).

Dalam strukturalnya komputer mikro biasa dikemas dengan kelengkapan sebuah monitor, papan ketik (keyboard) dan perangkat keras lainnya yang bisa mendukug kinerja dan kegiatan komputer mikro tersebut, menyerupai perangkat atau alat input-output, memori komputer yang sudah di bundel menjadi bentuk RAM.  Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan komputer desktop, sedangkan yang sanggup dijinjing (portabel) dinamakan denganLaptop.