Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Dan Pengertian Komponen - Komponen Perangkat Komputer

bang2 sutara Komponen komputer yang melekat dalam computer personal (PC) yaitu benda utama yang sanggup di katakan sebagai nyawa dari komputer yang kita miliki. Tidak adanya satu diantara komponen-komponen computer tersebut, maka komputer anda tak kan saja tidakbisa beroperasi dengan baik, namun juga terkadang tidak sanggup berperan sekalipun. Supaya sanggup merawat computer anda selalu dalam keadaan baik, sebaiknya anda mengetahui secara "akrab" dengan komponen-komponen komputer bersama manfaatnya.

Komponen Komputer yaitu Perangkat keras atau hardware yang mempunyai fungsi sebagai alat perhiasan perangkat komputer, guna komputer tersebut sanggup dipakai dengan baik sesuai dengan fungsinya. Salah satu komponen tersebut adalah, VGA Card, Lan Card, Pricessor, PSU dan lain - lain.

Secara garis besar, Pengertian Komponen komputer adalah salah satu kumpulan dari beberapa komponen-komponen yang mempunyai fungsi saling berafiliasi untuk menjalankan sebuah komputer. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada, maka suatu komputer tidak akan berjalan. Komponen komputer sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu: komponen hardware, komponen software dan komponen brainware.

Penjelasan Lengkap Komponen Perangkat


A. Komponen Hardware (Perangkat Keras)

Komponen hardware atau sering disebut dengan perangkat keras komputer yaitu suatu komponen yang sanggup dilihat oleh mata secara eksklusif dalam bentuk kasatmata dan sanggup diraba. Perangkat keras ini juga salah satu alat yang terdiri dari beberapa komponen yang ada membentuk sebuah komputer. Apabila salah satu dari perangkat keras ini tidak berfungsi dalam penggunaannya maka dalam mengoperasikan komputer akan terganggu bahkan tidak akan berjalan.

Berdasarkan fungsinya komponen perangkat keras (hardware) dibagi menjadi beberapa ketegori, diantaranya adalah:
  • Input device (unit masukan).
  • Output device (unit keluaran).
  • Process device (unit pemrosesan)
  • Storage device (unit penyimpanan).
  • Periferal (unit tambahan).


B. Komponen Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak (software) sanggup diartikan sebagai beberapa kegiatan yang diharapkan oleh user untuk mendapat sebuah info atau beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Lalu komponen software apa sajakah yang termasuk perangkat lunak dalam komputer? Pada pada dasarnya di komputer terdapat beberapa perangkat software yang diharapkan yaitu:
  • Sistem Operasi (Operating System)
  • Bahasa Komputer (Computer Language)
  • Program Aplikasi

C. Komponen Brainware (Pengguna)

Komponen brainware yaitu mereka para pengguna komputer atau sering disebut user. Pengguna komputer pada umumnya dibagi menjadi beberapa diantaranya:

  • Operator, kiprah dari operator yaitu bertanggung jawab dengan pengolahan data pada komputer. Saat mengolah data, operator harus melaksanakan sesuai hukum dalam penggunaan aplikasi yang telah ditetapkan oleh seorang programmer.
  • Programmer, yaitu orang yang bertugas menciptakan aneka macam aplikasi komputer yang akan dipakai oleh banyak orang.
  • Graphic Desainer, yaitu orang yang menekuni di dunia desain grafis dan biasanya juga dalam animasi.
  • Administrator, yaitu mereka orang yang terjun dalam bidang pengolahan sistem komputer yang dirancang oleh System Analist.

Komponen-komponen inti di Perangkat Komputer

Komponen pertama yang perlu kita kenal yaitu motherboard atau papan induk. Motherboard yaitu komponen piranti keras atau Hardware paling utama dari semua komponen lain ; di sinilah komponen utama yang lain terpasang, menyerupai hard disk, processor, memori, serta yang lain. Processor yaitu sisi dari komponen komputer yang bertugas sebagai otak mesin.

Ada juga RAM yang disebut komponen yang bertugas menaruh data sesaat dari kegiatan yang tengah digerakkan. Video card serta sound card jadi komponen-komponen komputer yang bertugas merubah hasil olahan berbentuk grafik kedalam monitor dan keluarkan musik lewat speaker.



Masih ada pula komponen komputer yang lainnya menyerupai hard disk sebagai media yang difungsikan untuk menaruh data, optical disc drive sebagai pemutar CD, serta power suplai sebagai sumber penyuplai listrik.
Casing berperan menciptakan santunan serta kawasan ditempatkannya sebagian komponen-komponen computer. Tidak ketinggal juga monitor, keyboard, serta mouse sebagai komponen komputer lain. Semuanya komponen – komponen yang telah dibahas diatas merupakan sekumpulan komponen paling utama yang perlu ada supaya sanggup menggerakkan sistem pada CPU (Central Processing Unit) serta memberi output berbentuk display di monitor monitor anda.