Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, Dan Cara Kerja Flashdisk

bang2 sutara - Secara umum flashdsik sanggup di definisikan sebagai sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang bisa menyimpan banyak sekali format data dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Flashdisk sanggup menyimpan data secara permanen walaupun anutan listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi sebab didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang bisa menyimpan data secara permanen walaupun anutan listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user.

Secara detailnya, Pengertian Flashdisk atau USB flash drive adalah salah satu media penyimpanan data portabel yang sanggup dihubungkan melalui port USB suatu komputer atau laptop. Sebagai komponen penyimpanan, pada awalnya keberadaan Flashdisk tidak terlalu vital menyerupai ketika ini, bahkan ukuran Flashdisk pada awalnya tidak kurang dari ½ GB atau 512 MB saja. Ukuran menyerupai itu bahkan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD – ROM ketika ini (700 MB).

Namun seiring berjalannya waktu keberadaan Flashdisk ketika ini menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh setiap "pelaku" yang berkecimpung di dunia teknologi komputer, bahkan ketika ada orang yang tidak mempunyai laptop atau komputer namun mereka mempunyai Flashdisk dengan tujuan untuk menunjang aktifitas menyerupai bekerja, sekolah dan lain – lain. Sampai ketika ini tersedia Flashdisk dengan ukuran mulai dari 8 GB, 16 GB, 32GB hinga mencapai kapasitas 1 TB

Dulunya mungkin kalian masih mengenal memori penyimpanan berupa Disket ataupun CD – ROM, namun ketika ini sudah tidak terlalu eksis, bahkan keberadaan Disket sudah mulai susah ditemui. Saat ini sudah tersedia banyak sekali macam brand Flashdisk dan dianggap lebih efektif serta efisien kalau dibandingkan dengan Disket ataupun keping CD.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Secara umum flashdsik sanggup di definisikan sebagai sebuah alat penyimpanan data eksternal Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, dan Cara Kerja Flashdisk

Dengan ukurannya yang kecil dan simpel, masuk akal saja orang – orang lebih bahagia menggunakannya. Selain itu Flashdisk ini juga tergolong komponen hardware yang bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun Flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik. 

Pada beberapa momory internal komputer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika komputer dimatikan. Selain itu penggunaan Flashdisk juga sangat efektif dan efisien sebab data yang tersimpan bisa dirubah setiap saat.


Fungsi Flashdisk


Flashdisk mempunyai fungsi untuk menyimpan dan memindahkan data dalam banyak sekali format dalam kapasitas yang cukup besar.  Kalian juga bisa memakai flashdisk untuk menjalankan aplikasi dan sistem operasi portable. Flashdisk juga sanggup dipakai untuk media instalasi sistem operasi gres untuk komputer kalian tanpa memakai DVD sebagai media instalasinya

Flashdisk atau biasa disebut USB flash drive memang dibentuk dengan tujuan khusus sebagai media penyimpanan file. Namun ada hal lain lagi yang sanggup kalian temukan dari hardware yang satu ini, yakni menjadi ketersediaan ruang untuk segala macam ekstensi file serta memungkinkan dilakukan perubahan pada suatu dokumen setiap saat. 

Hal inilah yang menjadi faktor utama penggunaannya yang kian berkembang pesat sehingga menggeser posisi dari Disket ataupun keping CD.

kalian juga bisa memainkan banyak sekali macam file audio dan video dalam PC atau laptop kalian . Dan fungsi yang paling kuat ialah ukurannya yang mungil serta gampang dibawa kemanapun. Sangat cocok untuk banyak sekali kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja atau bahkan masyarakat umum sekalipun.

Keperluan untuk memindahkan banyak sekali macam file dengan tujuan melaksanakan backup data juga semakin dipermudah mengingat fungsinya yang kompatibel hampir disegala device. Tidak hanya komputer PC atau laptop, kalian juga bisa memakai Flashdisk sebagai penyimpanan lagu – lagu atau DVD Player.


Cara Kerja Flashdisk

Tipe Flashdisk biasanya memakai struktur NAND Flash Memory Chip, memori flash NAND mempunyai dua tingkat struktur hirarkis. Pada tingkat terendah, bit disusun ke dalam halaman, biasanya masing-masing 2 KB. Pages/halaman ialah unit dari read and write dalam NAND flash . 

Dalam rangka untuk memulai sebuah operasi I/O, sebuah perintah menetapkan pages ID dikirim ke memori flash controller, yang menetapkan waktu setup tetap terlepas dari jumlah bit harus dibaca atau ditulis. Dengan demikian, bit berikutnya dalam halaman yang dipilih ketika ini sanggup dibaca atau ditulis jauh lebih efisien daripada bit dari halaman yang berbeda.

Tidak menyerupai seolah-olah dalam sebuah disk, kesalahan untuk memulai sebuah operasi I/O pada halaman ialah konstan, bukan fungsi dari operasi I/O sebelumnya (tidak ada laba untuk halaman membaca secara berurutan). 

Pages dikelompokkan ke dalam struktur tingkat yang lebih tinggi yang disebut menghapus blok, yang terdiri dari masing-masing 64 halaman. Sementara halaman ialah unit read dan write, erase block ialah unit peniadaan (erasure). Seperti dijelaskan di atas, menulis ke halaman hanya sanggup menghapus bit (membuat mereka nol), tidak mengesetnya. 

Akhirnya, jumlah siklus menghapus per erase block terbatas, dan biasanya berkisar dari 10.000 sampai 1.000.000. Setelah batas siklus telah terlampaui, maka blok hilang, dan itu tidak mungkin untuk melaksanakan menulis lebih jauh ke halaman di dalamnya.

 Secara umum flashdsik sanggup di definisikan sebagai sebuah alat penyimpanan data eksternal Pengertian Flashdisk, Fungsi Flashdisk, dan Cara Kerja Flashdisk
  • Input yaitu peralatan yang memakai USB (Flashdisk, camera, joystick,dll).
  • Interface yaitu Port antarmuka yang menghubungkan USB.
  • Chipset southbridge ialah I/O pengendali yang mengatur kecepatan transfer  interface USB,Firewire,dll.Output berupa keluaran dari hasil pemprosesan(monitor,printer,dll.


Kelebihan Flashdisk

  • Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Flashdisk ialah ukurannya yang kecil dan simpel namun dalam hal penyimpanan cukup besar. Semakin besarnya kapasitas dari suatu Flashdisk bukan berarti mengambarkan perbedaan ukuran fisiknya.
  • Flashdisk sanggup dipakai sebagai media instalasi windows dengan terlebih dahulu harus dijadikan bootable.
  • Cara penggunaan yang sangatlah mudah, tidak perlu melaksanakan instalasi serta tidak memakan waktu terlalu lama. Anda hanya perlu menancapkan Flashdisk ke port USB kemudian tunggu sampai muncul di My Computer atau File Explorer. Setelah itu anda dibebaskan mengakses semua file yang ada di dalamnya.
  • Dengan pemakaian yang benar tentunya akan semakin memperpanjang umur dari Flashdisk anda serta memperkecil kemungkinan dijangkit virus yang berasal dari komputer. Hindari juga pencabutan Flashdisk dari komputer secara paksa sebab selain data yang kemungkinan tidak tersimpan juga bisa menjadikan kerusakan.
  • Mengingat penggunaannya bagi semua kalangan termasuk anak – anak yang masih bersekolah, menjadikan harga Flashdisk ini sangat terjangkau bahkan untuk brand kelas atas sekalipun. Akan tetapi perlu diingat juga adanya pengawasan dari orang renta terhadap anak – anaknya dalam memanfaatkan segala bentuk teknologi, salah satunya flashdisk ini.


Kelemahan Flashdisk

  • Dibalik ukurannya yang sangat kecil ternyata anda harus berhati – hati ketika membawa Flashdisk untuk banyak sekali keperluan sebab bentuk yang kecil juga mengindikasikan kemungkinan hilangnya atau terjatuh semakin besar.
  • Selain gampang hilang dan jatuh ternyata anda juga harus meragukan ketika lupa menaruh Flashdisk di celana dan kesudahannya tidak sengaja dicuci. Adanya kontak antara peralatan elektronik dengan air juga sanggup mengakibatkan kerusakan atau konsleting ketika dialiri daya dari komputer. Mengingat banyak brand Flashdisk yang bahkan tidak mempunyai tutup untuk melindungi potongan dalamnya.
  • Karena ukurannya yang masih terbatas orang – orang lebih menentukan untuk memakai memory eksternal daripada Flashdisk untuk keperluan backup data dalam skala besar.