Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Termux Pengertian, Fungsi, Dan Perintah Dasar Termux Lengkap

 yaitu terminal emulator android yang mempunyai environtment sama menyerupai di linux TERMUX Pengertian, Fungsi, dan perintah dasar Termux Lengkap
Termux yaitu terminal emulator android yang mempunyai environtment sama menyerupai di linux.
Di umpamakan menyerupai windows yang memakai command promt sebagai terminalnya. termux juga menyediakan beberapa paket yang sama menyerupai di GNU/Linux. hanya saja tidak semua paket di GNU/Linux sanggup di jalankan di Termux.

selain itu ada juga Termux:api yang memudahkan para pengguna untuk menggakses device-API. Termux launcher untuk menimbulkan termux sebagai launcher android, dan juga Termux:Task yang menjembatani agenda termux dengan tasker.

Apa Itu Termux ?


Termux merupakan sebuah aplikasi buatan Fredrik Fornwall yang menyediakan APT, apt sendiri merupakan sebuah agenda management paket yang cukup handal dan sudah teruji di Debian dan Ubuntu. yang memungkinkan kalian untuk memasang paket menyerupai git, vim, tmux, python, nodejs, openjs, dan masih banya yang lainya.

kalau kalian ingin menginstall termux sangat di anjurkan untuk memakai perangkat yang versi androidnya 5.0 (lolipop) ke atas, untuk versi yang di bawahnya banyak sobat - sobat aku mengalami error pada ketika memulainya, sebaiknya kalian memakai aplikasi yang menyerupai termux menyerupai Terminal Emulator atau sebagainya untuk menjalankan aba-aba termux di android. aplikasi ini juga mendukung perangkat root dan non root.

Fungsi dan Kegunaan Termux


untuk fungsi Termux berbagai yang sanggup kalian gunakan memakai termux ini
menyerupai yang sudah aku sindir sebelumnya aplikasi ini sangat menyerupai dengan GNU/Linux.
perintah - perintahnya pun hampir sama, untuk menampilkan daftar perintah di Termux kalian cukup mengetikan $help dan nantinya akan di tampilkan list perintahnya.
adapun sungsi dan kegunaan termux pada umumnya yaitu :

1. paket yang sudah di sediakan dalam termux sama menyerupai yang ada di sistem oprerasi Mac dan Linux - untuk menginstallnyapun cukup mudah, kalian tinggal membuka dokumentasi termux.

2. hacking & pentest, termux juga sanggup di gunakan untuk hacking tapi sebelumnya kalian harus menginstall beberapa tools pemanis menyerupai Nmap, Metasploit Framework, SQLmap, dll, beberapa di antaranya sudah pernah aku bahas di blog ini.

3. support sebagian besar compiler, compiler menyerupai C, Python, PHP sudah siap di jalankan pada termux sehingga memudahkan kalian membuatkan agenda di manapun dan kapanpun.

4. baterai lebih hemat, tidak menyerupai kalian menginstall aplikasi yang hanya di gunakan untuk melaksanakan satu pekerjaan, dengan termux kalian sanggup menginstall banyak tools dan menggunakannya tanpa boros sumber daya

5. termux sanggup di gunakan untuk daerah menginstall sistem operasi lain menyerupai Kali. ubuntu maupun vedora

6. termux sanggup di gunakan untuk ssh client dari OpenSSh


berikut yaitu beberapa perintah dasar aba-aba Termux dan fungsinya

Perintah dasar pada Termux


$pkg install
perintah ini merupakan sebuah perintah yang sanggup kita guanakan untuk memasang beberapa paket yang tersedia di dalam sepository termux. misal kita ingin menginstall python, kita hanya perlu mengetikan perintah $pkg install python

$ls
perintah ini meruakan sebuah perintah yang fungsinya untuk menampilkan isi sebuah direktori

$python
perintah ini merupakan sebuah perintah yang fungsinya untuk menjalankan agenda python
(program yang memakai ekstensi .py) python sendiri juga sudah tersedia yang versi python3
di dalam repository termuxnya. tentunya juga kalau kalian ingin menggunakannya kalian harus
menginstallnya terlebih dahulu dengan mengetikan perintah $pkg install python3 .

$nano
nano merupakan sebuah agenda text editor default yang terdapat di GNU/Linux yang fungsinya
untuk menciptakan atau bahkan mengedit text atau script.
cara penggunaannya anda tinggal mengetikan $nano namafile

$php
perintah ini di gunakan untuk menjalankan script php. untuk menjalankannya tentunya anda perlu menginstallnya terlebih dahulu dengan mmengetikan perintah $pkg install php

$ifconfig
sama menyerupai di GNU/Linux ifconfig berfungsi untuk menampilkan warta ip address perangkat kita, bukan cuma ip adress tetapi juga warta menyerupai subnet mask atau mac address secara lengkap.

$date
dari katanya kita sudah tahu bahwa fungi dari perintah ini yaitu untuk menampilkan waktu kini pada termux.

$chmod
perintah ini di gunakan untuk mengubah permission atau terusan pada sebuah program. karna tidak semua agenda sanggup kita jalankan, atau terkadang kalian menemukan pesan 'opration not permitted' itu berarti kalian tidak diperbolehkan untuk menjalankan agenda tersebut. untuk solusinya kalian sanggup mengubah permissionnya dengan mengetikan $chmod +x namaprogram .

$cd
cd atau kepanjangan dari Change Directory yang berarti fungsinya untuk mengubah atau berpindah direktori atau folder.
cara penggunaanya kalian hanya perlu mengetikan $cd namafolder . tetapi kalau kalian hanya mengetikan $cd anda akan di bawa ke sajian awal atau home .

$clear
ya, clear di gunakan untuk menghapus atau membersihkan goresan pena / riwayat perintah pada tampilan termux, sehingga kalian akan lebih nyaman untuk menggunakannya.

sebagai pemanis kalau kalian membutuhkan buku sebagai acuan kalian sanggup download termux pdf di bawah

DOWNLOAD TERMUX PDF

nah hingga di sini aku rasa kalian sudah cukup paham mengenai termux dan beberapa perintah - perintahnya silahkan kalian otak atik sendiri kalian coba semua perintah yang ada di sajian $help kalian pelajari semua, dan untuk mempelajari aba-aba - aba-aba termux yang lebih lengkap kalian sanggup cek artikel aku perihal Kumpulan perintah termux lengkap, di blog ini juga sudah berbagai tutorial termux yang sanggup kalian pelajari mungkin nanti aku buatkan pdf termux kalau ada kesempatan, oke demikian biar terang dan hingga jumpa di postingan berikutnya.

pencarian terkait :