Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Twrp Xiaomi Mi 8 / Lite / Se

Cara Instal TWRP Xiaomi Mi 8 / Lite / SE

Pasang TWRP di Xiaomi Mi 8 / Lite / SE - Diartikel kali ini aku akan membagikan sebuah tutorial untuk penginstalan TWRP pada smartphone Xiaomi Mi 8, Lite dan SE. Ketiga smartphone ini merupakan 3 smartphone yang sama-sama berada dalam seri Mi 8 dengan spesifikasi dan design yang berbeda-beda. Tentunya untuk menginstal TWRP pada ketiga smartphone ini sangatlah mudah sebab orang awam saja mampu melakukannya.

Xiaomi Mi 8 sendiri merupakan smartphone kelas flagship dengan spesifikasinya yang tinggi dimana chipset yang digunakannya ialah Qualqomm Snapdragon 845. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite ini mempunyai spesifikasi yang lebih rendah oleh karena itu diberi nama Mi 8 Lite namun spesifikasinya ini masih tergolong tinggi karena memakai chipset Qualqomm Snapdragon 660 yang masuk dalam kategori Mid-End. Sedangkan Xiaomi Mi 8 SE lebih tinggi sedikit dibandingkan Xiaomi Mi 8 Lite alasannya adalah chipset yang digunakannya yaitu Qualqomm Snapdragon 710.

Ketiga smartphone ini mempunyai kualitas build yang sangat bagus alasannya materi bodi yang digunakan pada ketiga smartphone ini yakni Alumunium. Jika ingin menginstal TWRP pada ketiga smartphone seri MI 8 ini sudah niscaya tidak sulit alasannya caranya hampir sama dengan menginstal twrp di smartphone lainnya.

Apa itu TWRP ?

TWRP ialah akronim dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan awal oleh OmniROM. Dilansir di Wikipedia bahwa TWRP ini merupakan pemulihan kustom yang memiliki fitur lebih banyak daripada pemulihan custom bawaan dari smartphone tersebut. TWRP ini hanya tersedia untuk smartphone Android saja dan juga beberapa merek smartphone saja.

Fungsi dari TWRP ini juga sangat banyak dan bermanfaat untuk smartphone Anda. Fungsinya ini bisa mengatasi dilema-masalah yang terjadi pada smartphone Anda misalnya seperti.

  • Dapat mengatasi dilema Bootloop.
  • Bisa menerima saluran Root.
  • Menginstal Custom ROM.
  • Dapat melaksanakan backup data dengan mudah.
  • dan banyak lagi fitur lainnya.

Syarat Instal TWRP

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila Anda ingin menginstal TWRP di device Xiaomi Mi 8 ( Dipper ), Mi 8 Lite ( Platina ) dan Mi 8 SE ( Sirius ). Syarat-syarat yang diperlukan ini juga sangat mudah dan pastinya tidak memberatkan Anda.

  • Sudah melaksanakan Unlock Bootloader,
  • Mengaktifkan USB Debugging
  • Kapasitas baterai minimal diatas 50%.
  • Sediakan PC atau Laptop dan juga kabel USB.

Bahan-materi yang dibutuhkan

Sebelum masuk ketahap langkah-langkah penginstalan TWRP pada Xiaomi Mi 8 ini Anda harus mendownload beberapa bahan yang diperlukan untuk bisa menginstal TWRP dengan mudah.
ADB Fastboot Download
TWRP MI 8 Download
TWRP MI 8 LITE Download
TWRP MI 8 SE Download
Verity ( Mi 8 Lite ) Download
Verity ( Mi 8 ) Download
Untuk TWRP Mi 8 SE Anda mampu memilih versi 3.2.3-1102 atau 3.2.3-1217 untuk versi MIUI 10 kebawah

Langkah-Langkah Menginstal TWRP


  1. Pertama Anda instal terlebih dahulu ADB Fastboot yang sudah Anda download tadi.
  2. Kemudian download TWRP sesuai smartphone Anda dan ubah namanya menjadi recovery.img.
  3. Setelah itu pindahkan file recovery,img tadi kedalam folder ADB Fastboot.
  4. Selanjutnya matikan smartphone Xiaomi Mi 8 / Lite / SE yang Anda miliki dan masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Vol Down dan Power secara bersamaan sampai muncul logo Fastboot.
  5. Sambungkan smartphone Xiaomi yang Anda miliki ke PC / Laptop dengan menggunakan kabel USB.
  6. Sekarang masuk kembali ke folder ADB tadi lalu tekan tombol Shift dan klik kanan, lalu pilih Open command window here.
  7. Kemudian untuk mengetahui apakah device Anda sudah tersambung ke PC atau Laptop, Anda bisa ketik perintah fastboot devices. Jika muncul instruksi unik disana maka smartphone Anda sudah terhubung.
  8. Setelah itu untuk menginstal TWRP pada device Anda harus ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img.
  9. Jika sudah ada keterangan success Anda mampu eksklusif ketik perintah fastboot reboot atau fastboot boot recovery.img ( Jika fastboot reboot tidak berfungsi maka Anda mampu memakai options yang kedua ).
  10. Beberapa smartphone membutuhkan Verity namun ada juga yang tidak, Anda mampu menginstal file tersebut. ( Optional )

Langkah penginstalan TWRP ini memang sama untuk ketiga device Xiaomi seri Mi 8 ini jadi Anda tidak perlu meragukannya

Itulah langkah-langkah menginstal twrp pada Xiaomi Mi 8 / Lite / SE. Setelah berhasil memasang TWRP pada device Dipper, Platina atau Sirius, Anda mampu juga bisa menerima saluran root dan tutorialnya ada pada artikel Cara Root Smartphone Xiaomi Mi 8 / Lite / SE. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pengguna Xiaomi seri Mi 8.

Referensi : www.hapeku.id