Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

bang2 sutara - Secara umum Pengertian Biaya transaksi ialah suatu alat analisis yang dipakai untuk mengukur efisiensi kelembagaan. Semakin tinggi biaya transaksi maka semakin tidak efisien pula kelembagaan tersebut

Dalam hal ini Ekonomi kelembagaan adalah suatu pemekaran dari teori biaya transaksi. Pandangan neoklasik menganggap pasar berjalan tepat tanpa biaya alasannya ialah pembeli mempunyai isu yang tepat dan penjual saling berkompetisi menghasilkan harga yang sangat rendah.

Namun pada realitanya, tidak terjadi demikian. Menurut Coase, Inefisiensi fatwa neoklasik ini sendiri terjadi bukan hanya struktur pasar yang tidak tepat tetapi hadirnya biaya transaksi secara implisit.

Jika kita asumsikan hal ini kedalam dunia bitcoin, maka Biaya transaksi merupakan sejumlah bitcoin yang dibayarkan kepada para penambang. Biaya yang dibayarkan oleh para pengguna bitcoin merupakan salah satu komponen insentif yang diterima oleh para penambang.

Berbeda dengan transaksi kartu kredit, yang menghitung biaya transaksi atas dasar jumlah uang yang ditransaksikan, sementara itu biaya transaksi bitcoin dihitung menurut besaran script transaksi yang dihitung kedalam suatuan byte.

Baca juga artikel lainnya :

 ialah suatu alat analisis yang dipakai untuk mengukur efisiensi kelembagaan Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

Penjelasan Biaya Transaksi Bitcoin

Meskipun pengguna tidak dibebankan kewajiban untuk selalu mencantumkan biaya transaksi, ketika ini sudah terbentuk komitmen umum yang menyatakan bahwa biaya transaksi bitcoin paling minimal adalah 10.000 satoshi (0.0001 BTC), untuk setiap 1.000 byte  script transaksi.

Apabila transaksi berukuran 1.001 byte, maka biaya transaksinya menjadi 20.000 satoshi atau setara dengan 0.0002 BTC, alasannya ialah perhitungan biaya transaksi ialah kelipatan 1.000 byte yang selanjutnya akan dibulatkan keatas.

 ialah suatu alat analisis yang dipakai untuk mengukur efisiensi kelembagaan Penjelasan Biaya Transaksi Di Dunia Bitcoin

Sebagaimana dijelaskan dalam ilustrasi gambar diatas,bahwa biaya transaksi didalam bitcoin, biaya tersebut tidak dicantumkan secara eksplisit didalam sebuah transaksi bitcoin. Biaya tersebut akan dihitung menurut selisih antara jumlah imput dan output.

Pada gambar diatas A dan B melaksanakan pembayaran pada C dengan masing-masing jumlah pembayaran 0.6 BTC dan 0.3 BTC. Kemudian C menciptakan transaksi kembali dengan hasil pendapatan dari A dan B yang berjumalh 0.9 BTC dan akan melaksanakan pembayaran sebesar 0.5 BTC.

Dengan demikian uang si C kini akan menjadi 0.3 BTC, sedangkan untuk selisih 0.1 BTC menjadi biaya transaksi yang telah dilakukan pihak C. Kemudian kemana biaya yang 0.1 BTC tersebut?  Biaya transaksi tersebut akan atau sanggup diambil oleh siapapun penambang yang pertama kali berhasil memasukkan transaksi ini kedalam sebuah blok yang valid