Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless Atau Jaringan Wifi

bang2 sutara , Wireless atau Wifi secara garis besar ialah metode jaringan internet yang tidak memakai transmisi kabel yang ketika ini sudah menjadi sistem jaringan paling terkenal digunakan oleh kalangan masyarakat untuk ketika ini.

Karena melihat cara kerjanya yang sangat mudah tanpa memakai media suplemen menyerupai kabel, maka jaringan wireless pun sudah banyak disematkan pada teknologi gadget dan smartphone ketika ini.

Ada juga yang berpendapat, bahwa pengertian Wireless adalah kalau di lihat dari arti katanya sanggup diartikan “tanpa kabel”, yaitu melaksanakan suatu korelasi telekomunikasi memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel.

Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya sanggup dilihat sanggup dilihat dengan semakin banyaknya yang memakai telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang digunakan untuk mengakses internet.

Semengtara itu pengertian Wifi ialah teknologi untuk saling bertukar data memakai gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan banyak sekali peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik menyerupai contohnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi.

Perangkat elektronik tersebut haruslah berada dalam sebuah titik kanal (hotspot) jaringan nirkabel untuk sanggup terhubung dengan Wifi. Dalam suatu jaringan Wifi, biasanya titik kanal mempunyai jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, dan ada pula yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan. Wifi sendiri tolong-menolong merupakan kependekan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk sanggup terhubung dengan sebuah perangkat elektronik, Wifi memakai frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :


secara garis besar ialah metode jaringan internet yang tidak memakai transmisi kabel  Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless atau Jaringan WiFi

Membicarakan duduk kasus wireless memang tidak akan pernah ada habisnya, itu dikarenakan perkembangan jaringan tanpa kabel ini , setiap waktunya niscaya akan mengalami suatu perubahan yang signifikan pada system kinerjanya, baik dilihat dari sisi  performanya ataupun dilihat dari sisi tekhnologinya.

Tetapi terlepas dari segala kecanggihan jaringan tanpo kabel ini, apakah ada suatu Cara untuk Meningkatkan Jangkauan untuk sebuah Jaringan Wireless ?
Dalam menanggapi masalah ini , tentunya sudah banyak sekali  kita temui dibeberapa situs yang telah menyajikan pembahasan materi yang mengupas duduk kasus ini, namun dari beberapa artikel yang sudah mungkin belum sanggup membantu menguatkan jangkauan jaringan wireless yang anda miliki.

Penyebab Buruknya Koneksi Wireless

Sebelum kita measuk ke materi perihal bagaimana cara meningkatkan jangkauan dari jaringan wireless ini ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab buruknya koneksi dari jaringan wireless ini , Berikut ialah beberapa hal yang menjadikan jaringan wireless anda menjadi lemot :
  • Penyebab pertama ialah disebabkan lantaran antena router nirkabel yang anda pasang tidak dalam suatu posisi garis pandang sebuah antena transmisi, dimana besar kemungkinan sinyal jaringan yang akan anda dapatkan tidak menemui suatu sasaran yang tepat
  • Penyebab yang kedua mungkin terdapat banyaknya suatu halangan fisik, menyerupai banyaknya pepohonan yang terlalu tinggi disekitar area bangunan anda atau mungkin lantaran terhalang dengan bangunan – bangunan yang cukup tinggi sehingga menghambat arus dari sinyal tersebut
  • Kemungkinan sanggup terjadi terdapat lebih dari router nirkabel yang terpasang pada wilayah yang sama.
  • Router nirkabel mempunyai antena dengan jenis omni-directional dan terdapat suatu sinyal tersebar di mana-mana, hal ini mengurangi kekuatan sinyal untuk mencapai antena tujuan.
  • Penyebab terakhir coba anda perhatikan posisi router nirkabel anda

Cara Meningkatkan Jaringan Wifi / Wireless

  1. Pada point pertama anda dibutuhkan jangan hingga menempatkan suatu benda logam terlalu bersahabat dengan router nirkabel.
  2. Tidak dianjurkan untuk menempatkan lebih dari satu router nirkabel pada suatu ruangan yang sama.
  3. Cobalah anda menempatkan posisi router anda  pada ketinggian yang cukup ideal dari permukaan tanah.
  4. Tidak diperbolehkan menempatkan suatu alat elektronik lain apapun (misalnya menyerupai Microwave) berdekatan dengan router nirkabel.

Cara Kedua Meningkatkan Jaringan Wifi / Wireless

  1. Salah satu cara tersebut  ialah dengan cara memasang sebuah antena yang mempunyai jenis unidirectional pada sebuah router supaya lebih mempunyai kekuatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sebuah antena yang memang telah disediakan oleh alat perangkat router tersebut, pada dasar lain cobalah anda melaksanakan sebuah upgrade pada  perangkat antenanya.
  2. Arahkan perangkat antena anda tersebut eksklusif menunuju ke sebuah antena yang menjadi penyedia sinyal atau sanggup juga dikatakan posisi antena anda diarahkan pada suatu titik dimana sinyal wireless tersebut berasal. 
  3. Jika anda pengguna komputer jingjing (laptop), anda sanggup mencoba untuk menambahkan suatu alat penguat sinyal wireless baik itu berupa perangkat keras atupun software yang biasanya mempunyai basic command promp atau basic turbo pascal. 
  4. Jika Anda mempunyai lebih dari satu komputer di rumah atau daerah kerja Anda, maka disini ada beberapa pilihan yang cukup baik untuk menambahkan repeater pada nirkabel, dengan melaksanakan cara ini kekuatan sinyal yang mencapai pada semua perangkat komputer tidak akan dibagi. Metode perubahan pada adapter jaringan ialah pilihan lain yang memang sanggup menjadi salah satu pilihan alternative yang cukup ideal. 
  5. Hal penting lainnya yang anda harus diingat adalah, bahwa perlunya untuk meng-upgrade suatu pengandar adapter jaringan nirkabel secara baik dan  teratur. Ketika anda akan menentukan antena, sebuah alat adapter jaringan dan router nirkabel, pastikan bahwa semua peralatan jaringan tersebut berasal dari suatu vendor yang sama jenisnya. Meskipun peralatan diproduksi oleh vendor yang berbeda kompatibel satu sama lainnya akan tetapi set peralatan dari satu vendor menawarkan kinerja yang lebih baik ketika terhubung secara bersama-sama.