Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Internet, Intranet, Ekstranet Dan Perbedaannya

bang2 sutara, Didalam duni komputer khususnya yang berkaitan dengan jaringan komputer tentu tidak sanggup lepas dengan istilah internet, sudah hampir semua orang di dunia ini mengenal internet, namun didalam internet itu sendiri masih terdapat beberapa element penting yang harus kita ketahui ibarat Intranet dan Ekstranet.

Jika dilihat dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi  atau data yang sanggup berupa text, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang sanggup “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja.

Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet ialah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, bunyi dan gambar dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti memakai internet ialah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer.

Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jikalau kita membuka sebuah halaman web, maka bahwasanya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Internet merupakan Media Informasi tanpa batas yang belakangan terkenal dengan sebutan Cyberspace. seperti  halnya dunia  faktual (ada  baik-buruknya), di dunia maya juga ada  hal positif  dan negatifnya. Internet sanggup memberikan  isu yang sifatnya mendidik,  positif  dan  bermanfaat bagi kemaslahatan ummat manusia. tapi juga sanggup dijadikan sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan. Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang memilih batas-batasnya.

Dalam hal pengertian internet beberapa jago komputer mempunyai sedikit perbedaab didalam mendefinisikan problem internet, namun terlepas dari sebuah teori tujua simpulan mereka semuanya sama. dan berikut ini ialah beberapa pengertian internet berdasarkan para jago kommputer.


 Didalam duni komputer khususnya yang berkaitan dengan jaringan komputer tentu tidak sanggup  Pengertian Internet, Intranet, Ekstranet dan Perbedaannya

Pengertian Internet dan Layanannya


Pengertian pertama- Internet dan intranet ialah sebuah jaringan komputer yang dimana pada masing – masing komputer mempunyai sebuak aksesbilitasi yang berbeda, namun meski sama – sama memakai suatu hardware dan software yang sama.

Pengertian Kedua - Internet ialah suatu metode yang dipakai untuk melaksanakan kekerabatan jaringan computer yang mempunyai sifat global, sedangkan intranet ialah jaringan yang mempunyai sifat privasi (internal) yang metode penggunaannya dibatasi oleh suatu organisasi yang bersangkutan

Selain pengertian diatas ada juga yang mendefinisikan Pengertian Internet merupakan akronim dari interconnection networking yang merupakan jaringan komputer yang saling terhubung memakai standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupakan jaringan terbesar didunia.


Layanan yang ditemukan di Internet
  • E-mail : ialah layanan dimana sebuah surat di buat dan dikirim kepada seseorang dari seseorang dalam bentuk modul data yang bentuknmya tak terlihat dan tak sanggup di pegang, namun sanggup dibaca sejara terperinci lewat sebuah computer yang terhubung dengan internet
  • Web ialah situs penyedia layanan data pada jaringan internet global
  • Transfer file :   adalah layanan dimana pengguna internet sanggup saling mengirim dan mengambil data dari computer satu ke computer yang lain.
  • Chat : ialah dialog secara live, dimana seseorang dengan orang lain sanggup saling berkomunikasi secara pribadi dan disaat yang bersamaan
  • Messange Board :  ialah sebuah layanan yang biasanya berisikan dengan iklan.
  • Instant messaging :adalah suatu layanan dimana sebuah pesan yang masuk sanggup terlihat dengan gampang referensi paling gampang dalam layanan ini ialah Veronica pada telephon jaman dulu.


Pengertian Intranet

Pengertian Ketiga- Intranet ialah sebagai salah satu koneksi yang didalamnya melibatkan sebuah teknologi jaringan computer , sedangkan untuk internet memilki arti sebagai salah satu system jaringan yang meliputi ruang lingkup secara global serta sanggup memfasilitasi sebuah komunikasi layanan data ibarat acara transfer file, electronic mail, pengaksesan www atau world wide web serta newsgroup

Intranet adalah jaringan private yang memakai apliaksi internet protocol TCP/IP, jaringan ini menyediakan kanal yang gampang terhada isu perusahaan bagi karyawan, dan biasanya dipakai untuk mendisplay aplikasi perusahaan.
Sedangkan untuk Extranets ialah ekspansi dari sebuah intranet untuk dipilh oleh outside business partners ibarat suppliers, distributors, dan key customers, extranet juga memperlihatkan kanal yang gampang pada isu perusahaan dan easy collaboration bagi kawan bisnis


Kelebihan Intranet
  • Produktivitas kerja.
  • Efisiensi waktu.
  • Komunikasi yang efektif.
  • Efektifitas biaya.
  • Meningkatkan kerja sama.



Kekurangan Intranet
  • Dapat mengurangi efektivitas kerja dengan adanya informas yang salah.
  • Intranet sanggup dipakai untuk mengirimkan hal-hal yang bernafsu dan kurang sopan.
  • Diperlukan training kepada karyiawan dalam memakai intranet.
  • Perlu tenaga jago untuk membangun intranet
  • Dapat terjadi overload  data jikalau tidak dilakukan kontrol dengan baik.


Pengertian Ekstranet

Pengertian Extranet atau Ekstranet ialah jaringan pribadi yang memakai protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian isu bisnis atau operasi secara kondusif kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), kawan (partner), pelanggan dan lain-lain.


Cara Kerja Ekstranet

Extranet sanggup juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet sanggup bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.


Kelebihan dari extranet

Manfaat extranet, ibarat waktu yang dikurangi untuk pasar dan biaya melaksanakan bisnis, dan kanal cepat ke isu mitra, mungkin sebanding dengan keamanan-biaya, server Web dan pengembangan, warisan integrasi sistem, kontribusi yang berkelanjutan dan pemeliharaan.


Kerugian ekstranet

Extranet memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih dari apa yang diharapkan untuk mendapat intranet atau situs Web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bab bawah dari kelompok IS to-do list.



Konsep Utama Intranet dan Ekstranet

Perlu anda ketahui bahwa dari sekian lamanya usia tekhnologi isu yang berlaku hingga ketika ini memang berkaitan akrab dengan perkembangan suatu jaringan komputer. Konsep dasar suatu jaringan internet dan intranet ialah sama – sama merupakan suatu bab yang terpenting didalam jaringan computer.

Dalam hal ini jaringan computer memang sangat memungkinkan bentuk acara mengembangkan seumber daya serta mengembangkan isu sesama pengguna computer, Untuk informasi, bahwa jaringan komputer operasional pertama dikenalkan dan diciptakan di Negara amerika untuk memenuhi keperluan Departemen Pertahanan yang hingga ketika ini dikenal dengan istilah “ ARPANET" atau dalam kata lain sanggup disebut Advanced Research Agency Network.

Sejak ketika itulah jaringan teknologi serta arsitektur sebuah jaringan computer mengalami perkembangan didalam kecanggihan serta kompleksitasnya, yang hingga ketika ini sanggup melahirkan suatu teknologi jaringan internet.

Perlu anda ingat bahwa didalam satu set perangkat lunak dan perangkat keras jaringan komputer telah berhasil membuat suatu teknologi komputer, konsep dasar internet dan intranet ibarat apa yang telah kita ketahui ialah dua titik elemen pada suatu skala kompleksitas jaringan komputer


Perbedaan Internet, Ekstranet dan Internet

Pengertian Intranet dalam konteks perbandingan sanggup diartikan sebagai salah satu jaringan computer yang sanggup diakses secara global diseluruh dunia, computer yang sudah terintegarsi dengan jaringan internet sanggup dilakukan pengaksesan oleh siapa saja yang memang mengetahui alamat IP tersebut, TCP IP inilah yang sanggup mendefinisikan suatu lokasi computer tersebut berada.

Telah kita ketahui sendiri bawa sebagian besar kmputer kini telah memakai kemudahan nama Domain ibarat https://bang2sutara.blogspot.com/, sebelum computer ini sanggup diberikan suatu nama serta sanggup diakses , maka terlebih dahulu alamat ini harus diterjemahkan oleh IP

Pengertian Intranet dalam konteks ini sanggup diartikan sebagai salah satu jaringan yang tidak tersedia untuk umum atau global, jikalau seuatu jaringan intranet sudah terhubung pada internet, maka status intranet akan berada sempurna dibelakang firewall yang dimana jaringan intranet ini yang akan menjadi jaringan ekstranet. Fungsi firewall disini ialah sebagai media untuk membantu pengontolan suatu kanal antara intranet dengan internet

Pengertian Ektranet
ialah suatu kanal perpanjangan sebuah jaringan intranet untuk sanggup terhubung pada jaringan internet, dengan tujuan awal biar para user tertentu sanggup diberikan suatu wewenang untuk sanggup mengakses data – data pribadi sebuah jaringan computer melalui aplikasi berbasis web.