Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perangkat Komputer Lengkap Dengan Penjelasannya

bang2 sutara - Membicarakan persoalan komputer untuk dikala ini sudah hampir semua insan didunia ini telah mengenal teknologi canggih ini, sampaumur ini semua kegiatan dan kegiatan sehari - haripun sudah hampir 75% dilakukan oleh kinerja mesin komputer ini.

Komputer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data berdasarkan mekanisme yang sudah dirumuskan secara teratur dan tertata. Kata computer awal mulanya digunakan untuk melukiskan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa ada alat bantu, namun arti kata ini kemudian dipindahkan pada mesin tersebut.

Pada awalnya, pemrosesan info nyaris langsung terkait dengan permasalahan aritmetika, namun computer modern digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika.

Dari penjelsan diatas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian Komputer ialah suatu perangkat elektronik yang sanggup digunakan untuk mengolah data sesuai dengan mekanisme yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan gosip bermanfaat bagi penggunanya.

Definisi komputer ialah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian banyak sekali komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem kerja. Sistem di dalam komputer tersebut sanggup melaksanakan pekerjaan secara otomatis berdasarkan jadwal yang diperintahkan kepadanya sehingga bisa menghasilkan gosip berdasarkan data dan jadwal yang ada.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Dalam arti ibarat itu ada alat ibarat slide rule, type kalkulator mekanik dari mulai abakus dan sebagainya, sampai semuanya pada computer elektronik yang kontemporer. Arti yang lebih baik sertapas untuk arti luas untuk" computer " yaitu " yang memproses info " atau " system pengolah info. " Sepanjang perkembangan teknologi komputer telah terdapat banyak arti yang tidak sama dalam kata " computer ", serta sebagian kata yang tidak sama itu dikala ini dikatakan sebagai computer. 

Jenis Komputer Menurut Perkembangan

Meskipun demikian, pengertian diatas mencakup banyak alat khusus yang cuma sanggup mempertimbangkan fungsi-fungsi. Saat memperhitungkan komputer modern, abjad yang paling membedakan mereka dari alat penghitung yang terdahulu ialah dengan pemrograman yang benar,.

Semua komputer bisa menstimulasi abjad apapun (walau mungkin dibatasi oleh kemampuan penyimpanan serta kecepatan yang tidak sama), serta, memanglah harus kita akui jika mesin komputer dikala ini sanggup mengikuti alat perkomputeran yang bakal di ciptakan insan pada hari esok (walau niscaya lebih lambat).

Dalam satu pengertian, batas kekuatan ini yaitu suatu " uji atau tes " yang bermanfaat alasannya ialah mengetahui computer " maksud umum " dari alat istimewa yang lebih awal. Pengertian dari " maksud umum " sanggup diformulasikan kedalam prasyarat jika satu mesin mesti bisa mengikuti Mesin Turing universal. Mesin yang memperoleh pengertian ini di kenal sebagai Turing-lengkap, serta yang pertama kalinya nampak pada th. 1940 di dalam kegiatan perubahan di seluruh pelosok dunia.

Komputer Benam

Sekitaran 20 th. yang lalu, banyak alat rumah tangga, terutama panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA serta sangat banyak istilah lainnya di dalam rumahtangga, industri, otomotif, serta alat elektronik lain, semuanya diisi sirkuit elektronik ibarat komputer yang memenuhi prasyaratan Turing-lengkap diatas (dengan catatan jika jadwal dari alat ini kerapkali di buat dengan cara langsung didalam chip ROM yang sanggup ditukar untuk merubah jadwal mesin).

Maksud khusus komputer yang lain pada umumnya di kenal sebagai " mikrokontroler " atau " komputer benam " (embedded computer). Oleh karenanya, banyak yang membatasi pengertian computer pada alat yang maksud pokoknya yaitu pemrosesan info, dari pada jadi sisi dari system yang semakin besar ibarat telepon, panggangan mikrowave, atau pesawat terbang, serta bisa dirubah untuk bermacam-macam maksud oleh pemakai tanpa ada modifikasi fisik. Computer kerangka paling utama, minikomputer, serta computer pribadi (PC) yaitu jenis paling utama computer yang memperoleh pengertian ini.


Personal Computer (PC)

Komputer pribadi atau personal computer (PC) yaitu arti untuk computer yang banyak di ketahui orang pada umumnya, sampai hal ini sanggup memicu beberapa orang yang tidak dekat dengan bentuk computer lain terkecuali dengan bentuk computer pribadi. Cuma beberapa orang tertentu saja yang memakai arti ini dengan cara langsung untuk tunjukkan arti yang lebih khusus serta tepat.

Computer pribadi dikenalkan pertama kalinya di Indonesia pada th. 1980 oleh Eddy Liew, selaku pendiri Dragon Computer & Communication lewat brand Sinclair yang tiba dari Inggris.



Jenis Komputer Secara Umum

1. Komputer Portabel

Ini ialah jenis komputer yang gampang dibawa kemana saja, dimana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapanan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini kurang terkenal alasannya ialah cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.


2. Komputer Desktop

Sesuai dengan namanya, ini ialah komputer yang ada di atas meja. Komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.


3. Komputer Palmtop

Ini ialah komputer yang bentuknya kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sudah sangat jarang digunakan semenjak ditemukannya Smartphone.


4. Komputer Tower

Ini ialah komputer yang bentuknya lebih besar dari komputer desktop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer ini sanggup ditambahkan perangkat pendukung alasannya ialah mempunyai expansionslot.


5. Komputer Notebook

Ini ialah jenis laptop namun dengan ukuran yang lebih tipis. Umumnya banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.


6. Handbook (Sub-notebook)

Ini ialah jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Umumnya handbook mempunyai processor dengan spesifikasi yang rendah.


7. Komputer Laptop

Ini ialah jenis komputer yang sanggup diletakkan di pangkuan penggunanya. Laptop mempunyai CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dan gampang dibawa kemana-mana.


Komponen Komputer

1. Komponen Input

Komponen ini merupakan komponen hardware yang mempunyai fungsi sebagai pemberi perintah banyak sekali kiprah yang akan diberikan pada komputer. Beberapa komponen input tersebut diantaranya;

  • Keyboard, menunjukkan input atau masukan berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya.
  • Mouse dan Trackpad, alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (untuk layar sentuh), fungsinya ibarat mirip mouse namun bentuk nya ibarat pena.
  • Scanner, alat untuk memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone, alat untuk input data dalam bentuk audio.



2. Komponen Proses

Komponen ini mempunyai fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada komponen output. Beberapa komponen proses diantaranya adalah;

  • Processor, yaitu komponen utama dalam proses mengolah data.
  • Motherboard, yaitu komponen penghubung banyak sekali komponen lainnya dalam komputer.
  • Hard Disk, yaitu komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, contohnya sistem operasi komputer.
  • RAM, yaitu memori untuk menyimpan banyak sekali kegiatan komputer untuk sementara.



3. Komponen Output

Ini ialah komponen yang mempunyai fungsi untuk menampilkan gosip dari perintah yang telah diproses oleh komputer. Beberapa komponen output diantaranya adalah;

  • Monitor, komponen komputer yang sanggup menampilkan proses yang sedang dikerjakan sebuah komputer.
  • Printer, komponen yang sanggup mencetak gosip ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker, komponen yang sanggup menghasilkan output berupa audio atau suara.