Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Touchpad, Fungsi Touchpad Dan Cara Kerja Touchpad

bang2 sutara - Pengertian Touchpad adalah sebuah perangkat keras yang masuk dalam kategori perangkat input, Touchpad terdiri dari papan dengan permukaan yang dilapisi dengan sensor khusus yang bisa untuk mendeteksi gerakan jari.

Gerakan jari ini nantinya akan direkam oleh sensor pada Touchpad untuk di terjemahkan menjadi bahasa perintah khusus untuk menjalankan fungsi yang menjalankan pointer pada layar komputer atau laptop. Touchpad secara fungsi digunakan untuk menggantikan fungsi mouse yang membutuhkan space atau ruang gerak yang kecil, khusus untuk kalian yang mempunyai ruang gerak sedikit.

Perlu kalian ketahui, bahwa Peranan touchpad sangat vital dalam penggunaan laptop, memang pengguna sanggup menggantinya dengan mouse USB sebagai alternatif atau lantaran alasan kenyamanan, contohnya desainer grafis yang biasanya lebih dimudahkan dalam bekerja dengan memakai mouse dari pada touchpad.

Namun beberapa alasan menyerupai efisiensi ruang kerja (bukan ruangan kerja) menjadi kelebihan tersendiri dari keberadaan touchpad, sebagaimana kita ketahui bahwa dengan memakai mouse artinya pengguna harus menyediakan ruang khusus disamping kanan laptop atau notebook untuk ganjal mouse (mouse pad)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

 sebuah perangkat keras yang masuk dalam kategori perangkat input Pengertian Touchpad, Fungsi Touchpad dan Cara Kerja Touchpad

Fungsi Utama Touchpad


Touchpad mengatakan pertolongan secara khusus bagi pengguna komputer yang memakai fungsi mouse secara berlebihan. Karena Touchpad mempunyai ruang atau papan yang tergolong cocok untuk gerakan jari, maka kadang orang yang terbiasa memakai Touchpad akan kesulitan untuk memakai mouse.

Demikian juga sebaliknya, orang atau pengguna komputer yang terbiasa memakai mouse maka ketika pertama kali memakai Touchpad akan merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah mengetahui pengertian Touchpad, berikut di bawah ini yakni fungsi dari Touchpad.

Kemunculan dari Touchpad tidak terlepas dari inspirasi luar biasa untuk membuat komputer portable yang bisa di bawa berpindah tempat, apalagi dikala ini komputer tergolong barang yang besar dan mempunyai bobot yang cukup berat kalau di bandingkan dengan komputer jaman sekarang.

Ide kemunculan Touchpad di prakarsai oleh Alan Kay dari Xeroc untuk membuat komputer yang bisa di pindah-pindahkan tanpa bergantung dengan yang namanya energi tetap, artinya ada sebuah perangkat penyimpanan daya yang bisa menjamin keberlangsungan penggunaan dari komputer.

kemunculan inspirasi ini terjadi pada tahun 1970, semenjak dikala ini inspirasi ini terus dikembangkan untuk memunculkan banyak sekali macam teknologi yang berkaitan dengan komputer portable, terutama inspirasi untuk menggantikan fungsi dan kerja dari mouse.

Untuk mengetahui lebih lanjut wacana fungsi dari touchpad, kalian sanggup membacanya pada poin-point berikut ini :


1. Sebagai alat untuk mengontrol pointer (menggerakan cursor)

Pointer berarti penunjuk, yang dimaksud dengan pointer pada komputer yakni penunjuk (biasanya berbentuk anak panah namun bentuknya sanggup di custom) yang ada pada layar monitor (baik laptop ataupun PC desktop) dengan fungsi utamanya sebagai alat untuk meng-klik objek pada layar monitor,.

Obyek yang diklik sanggup bermacam-macam tergantung perangkat lunak yang digunakan, bisa tombol, folder, dan lain sebagainya. Pointer bergotong-royong merujuk pada banyak bentuk, tidak hanya tanda panah namun sanggup berubah bentuk sesuai dengan fungsi dan indikatornya menyerupai Link Select yang merupakan pointer berbentuk tangan yang sedang menunjuk, mengindikasikan obyek yang disorot oleh pointer merupakan hyperlink, dan lain sebagainya.


2. Sebagai alat input pada perangkat komputer (klik-kiri / left-click)

Sebenarnya mengontrol pointer (cursor) sudah termasuk penggalan dari fungsi input pada perangkat komputer, namun fungsi tersebut sanggup dispesifikan lagi menjadi fungsi klik, fungsi klik ganda (double click), fungsi klik kanan (right click), dan fungsi klik-tahan-seret dan jatuhkan (drag and drop). (Baca Juga: Ciri-Ciri VGA Rusak , Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi)

Baik, mari kita bandingkan perangkat touchpad dengan mouse dari segi fiturnya, pada mouse kita biasa menggunakannya dengan tangan kanan, dengan jari telunjuk pada satu tombol dan jari tengah pada tombol satunya (disebelah kanannya).

Tombol yang kita pegang dengan jari telunjuk yakni tombol untuk klik-kiri dan tombol yang kita pegang dengan jari tengah yakni tombol untuk klik-kanan, ditengahnya (diantara dua tombol tersebut) terdapat suatu alat berbentuk roda yang digunakan untuk scrolling (menggulung), contohnya scrolling halaman situs web dikala kita browsing. 

Demikian pula hanya dengan touchpad, pada touchpad terdapat suatu bidang sebagai pengganti optio pada mouse, kalau mouse dioperasikan dengan digeser (diseret) touchpad tidak, hanya disentuh dengan satu jari saja (biasanya telunjuk) kemudian jarinya yang digeser bukan touchpadnya.

Pada touchpad juga terdapat dua tombol untuk klik-kiri dan klik-kanan, namun tidak ada alat berbentuk roda menyerupai pada mouse, kemudian apakah touchpad tidak mendukung fungsi scrolling? Tentu saja mendukung, hanya saja tidak memakai komponen berbentuk roda. 

Klik-kiri (atau hanya klik saja tanpa memakai kata “kiri”) sanggup digunakan untuk banyak hal menyerupai menentukan obyek (misalnya dari toolbox pada photoshop atau ribbon kafe pada office), membuka folder pada tree view di Windows Explorer, membuka shortcut perangkat lunak dari Start Menu, menyeleksi task dari taskbar dan masih banyak lagi. (Baca juga : Macam-macam Software Grafis , Fungsi Freehand Tool)


3. Sebagai alat untuk menggulung (scrolling)

Menggulung memang istilah yang (menurut Saya pribadi) tidak nyaman dipakai, memang tidak semua istilah dalam ilmu komputer sanggup diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, oleh lantaran itu istilah menggulung (yang merupakan terjemahan) akan Saya kembalikan ke istilah aslinya, scroll atau scrolling. (Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer , Pengertian Web Server Menurut Para Ahli)

Sudah kita bahas pada poin sebelumnya, pada mouse terdapat komponen berbentuk roda yang terletak diantara tombol kiri dan tombol kanan, pada touchpad juga ada tombol kiri dan tombol kanan namun tidak dengan rodanya, kemudian bagaimana fungsi scrolling sanggup dilakukan memakai touchpad? (Baca Juga: Macam-macam Software Utility , Fungsi Kabel HDMI)

Pada bidang datar touchpad, pada penggalan paling kanan touchpad terdapat area yang sedikit berbeda baik itu lantaran tekstur permukaannya yang (biasanya) lebih agresif atau terdapat tanda panah yang menunjuk ke atas dan ke bawah touchpad.

Bagian itulah yang menggantikan fungsi untuk scrolling, pada beberapa komputer laptop (atau notebook) penggalan tersebut tidak berfungsi meskipun fungsi bidang datar touchpad dan kedua tombolnya berfungsi, hal tersebut disebabkan oleh driver touchpad yang belum terinstall atau kerusakan pada penggalan tersebut.


4. Menampilkan sajian shortcut melalui klik-kanan (right-click)

Dibandingkan dengan klik-kiri, mungkin frekuensi penggunaan fitur klik-kanan ini lebih jarang digunakan, namun kiprahnya tidak kalah penting dengan fitur klik-kiri, beberapa shortcut (jalan pintas) sanggup diakses melalui fitur klik-kanan pada touchpad (berlaku juga pada mouse) menyerupai hapus (delete), potong (cut), salin (copy), tempel (paste), properties.

Bahkan fitur lain menyerupai Scan with Antivirus tersedia yang merupakan penggalan dari fitur antivirus yang terinsall pada komputer tersebut, redaksinya bisa berbeda tergantung antivirus yang digunakan. 


5. Menyeret (drag) obyek dan menjatuhkannya (drop)

Untuk apa pengguna menyeret obyek dan menjatuhkannya? Hal tersebut sanggup dilakukan sebagai cara simpel (yang berdasarkan sebagian orang termasuk Saya) dalam menghapus file dengan menyeretnya dan menjatuhkannya di Recycle Bin, atau menyalin file dengan menyeretnya dan menjatuhkannya di direktori lain pada drive yang berbeda, kalau pengguna menjatuhkannya pada drive yang sama, file akan dipindahkan (cut and paste) bukan disalin (copy and paste). 


Cara Kerja Touchpad

Meskipun Touchpad mempunyai fungsi yang sama menyerupai fungsi dari mouse yaitu untuk menggerakan pointer yang tampil di layar, namun cara kerja dari Touchpad berbeda dengan perangkat mouse. Cara kerja dari Touchpad sendiri bergantung pada sekumpulan matrik yang tersusun pada papan kota Touchpad pada lapisan kedua yang berfungsi untuk mendetaksi gerakan pada permukaan jari. 

Sensor matrik ini di pisahkan dengan isolator yang menjadikan bentuk terpisah menyerupai Grid, Pergerakan jari akan di deteksi dengan pedoman listrik yang mengalir.

Seperti percikan pedoman listrik dari pergerakan jari itu akan di terjemahkan menjadi kode-kode fungsi yang bisa di baca oleh sistem komputer dan di proses oleh perangkat processor untuk di terjemahkan dan di tampilkan lagi pada layar monitor dalam bentuk pergerakan pointer pada layar monitor komputer.

Secara teknis, pergerakan ini meliputi rumus yang sangat rumit dan kompleks, namun lantaran perangkat proses pada komputer bergerak sangat cepat, maka pergerakan pointer pada layar komputer menyerupai senada dengan pergerakan jari pada permukaan Touchpad.

Jenis Touchpad secara umum terbagi menjadi dua bentuk pada laptop yang ada di pasaran, yang pertama yakni Touchpad yang terhubung eksklusif dengan tombol klik kanan dan klik kiri, kemudian yang kedua yakni jenis Touchpad yang mempunyai bentuk terpisah dengan tombol klik kanan dan klik kiri.

Jika kalian sedang mencari laptop yang nyaman untuk digunakan, sebaiknya untuk membeli jenis laptop yang mengatakan Touchpad dengan tombol klik kanan dan klik kiri yang terpisah, lantaran itu akan memudahkan kalian ketika memakai laptop atau menggerakan pointer.

Karena kalau kalian membeli Touchpad yang terhubung eksklusif dengan tombol klik kanan dan klik kiri, akan menyusahkan kalian ketika memakai tombol tersebut, tidak ada pemisah antara keduanya, sehingga akan sangat sulit bagi kalian yang memakai komputer jenis laptop untuk kebutuhan desain dan kebutuhan teknis lainya. 

Jika kalian salah membeli Touchpad bisa-bisa kalian harus membeli mouse sebagai pengganti Touchpad, sayang bangetkan kalau harus memakai mouse, padahal di laptop sudah tersedia perangkat yang bisa digunakan untuk menggerakan pointer, tapi hanya lantaran kurang nyaman, kalian harus memakai mouse.