Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Trackball, Fungsi Trackball, Dan Cara Kerja Trackball

bang2 sutara - Pengertian TrackBall adalah suatu perangkat keras (hardware) yang mempunyai fungsi sama dengan mouse, yaitu untuk menentukan perintah-perintah dari sajian tampilan grafis.

Yang menjadi perbedaanya ialah kalau ingin menggerakkan pointer mouse di layar diharapkan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Trackball biasanya dipakai pada komputer laptop alasannya ialah sanggup menghemat ruang gerak, alasannya ialah sanggup ditempelkan pribadi pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan alasannya ialah lebih gampang ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.

Trackball berasal dari bahas inggris yang mempunyai arti peranti petunjuk berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang mempunyai sensor gerakan. Umumnya bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern menyerupai ketika ini

Perlu kalian ketahui, bahwa yang mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakan mouse berulang kali untuk sanggup menaikkan atau menurunkan layar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 Yang menjadi perbedaanya ialah kalau ingin menggerakkan pointer mouse di layar diharapkan Pengertian TrackBall, Fungsi TrackBall, dan cara Kerja TrackBall

Fungsi Trackball


Trackball mempunyai fungsi utama sebagai pointing device, yakni untuk menggerakan pointer pada layar monitor baik itu personal computer (PC) maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, kalau kita cermati lebih lanjut ternyata Trackball  ini mempunyai banyak kegunaan yang sering tidak kita sadari, berikut ini ialah beberapa fungsi Trackball jika kita lihat secara detail :

1. Untuk mengeksekusi suatu program

Trackball mempunyai peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering memakai Trackball  untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun acara sanggup dibuka dan dijalankan dengan cara melaksanakan double click.


2. Untuk menentukan objek

Memilih merupakan kegiatan yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari menentukan file, folder, bahkan kata-kata dalam acara penulisan menyerupai Microsoft Word. Dengan memakai Trackball kita sanggup melaksanakan pilihan sesuai keinginan.


3. Melakukan drag dan drop

Dengan memakai Trackball kita seringkali melaksanakan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, hingga copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui Trackball , memudahkan kita dalam melaksanakan operasi-operasi sederhana tersebut.


4. Mendapatkan gosip melalui hover Trackball 

Hover ialah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah gosip ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips. 

Fungsi ini sangat berkhasiat bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click. Mungkin kalian kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Makara ketika kalian mengoperasikan komputer atau laptop kalian , cobalah untuk melaksanakan eksplorasi mengenai fitur hover ini.



Cara Kerja TrackBall

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh tubuh dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball tubuh dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menawarkan perpindahan kursor. 

Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada daerah yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas tubuh trackball