Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Webcam, Fungsi Webcam, Jenis Webcam Dan Cara Kerja Webcam

bang2 sutara - Webcam merupakan adonan dari kata web dan camera, yang mana webcam sendiri merupakan sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada ketika sedang terjadi) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet.

Webcam menyerupai ini sering dipakai pada jadwal instant messaging menyerupai Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger , Skype, facebook dan lainnya. Istilah “webcam” sendiri mengarah pada jenis kamera yang dipakai untuk kebutuhan layanan berbasis web, webcam juga biasanya dipakai untuk keperluan konferensi jarak jauh atau juga sebagai kamera pemantau.

Webcam merupakan salah satu perangkat keras (hardware) berupa sebuah kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop. Layaknya kamera pada umumnya, sebuah webcam sanggup mengirimkan gambar-gambar secara live dari manapun kalian berada ke seluruh penjuru dunia dengan pertolongan koneksi internet.

Dari klarifikasi diatas sanggup disimpulkan bahwa pengertian webcam adalah sebuah periferal berupa kamera sebagai pengambil gambar atau video dan mikropon (optional) sebagai pengambil bunyi dan gerak yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau jaringan komputer. 

Gambar yang diambil oleh WebCam ditampilkan ke layar monitor, lantaran dikendalikan oleh komputer maka ada interface atau port yang dipakai untuk menghubungkan WebCam dengan komputer atau jaringan. 

Ada beberapa yang berpendapat, bahwasannya WebCam merupakan alat Web pages + Camera, lantaran dengan menggunakan WebCam untuk mengambil gambar video secara kasatmata bisa pribadi di upload bila komputer yang mengendalikan sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

sendiri merupakan sebutan bagi kamera real Pengertian Webcam, Fungsi Webcam, Jenis Webcam dan Cara Kerja Webcam

Sejarah Singkat Webcam


Penggunaan webcam menjadi marak belakangan ini lantaran kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan perangkat lunak semakin banyak diminati, misalnya yaitu Skype, facebook, camfrog dll. 

Tidak ada yang menyangka bahwa berkomunikasi menggunakan webcam akan menjadi sepopuler kini ini. Sejarah mencatat bahwa webcam yang pertama kali diciptakan dan dipakai yaitu webam Xcoffee.

Kamera ini dibentuk tahun 1991 oleh Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky yang kemudian gres sanggup dihubungkan ke Internet pada tahun 1993 dengan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson

Dalam masa percobaannya, kamera ini dimanfaatkan untuk memonitor sebuah kedai kopi di luar Trojan Room di University of Cambridge. Hal ini dimaksudkan semoga orang tak perlu pergi ke kedai kopi ketika stok kopi di kedai tersebut sedang kosong.


Jenis - Jenis Webcam


1. Serial and Parallel port WebCam

WebCam jenis ini sudah terlalu renta dan jarang ditemukan lagi, lantaran sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.


2. USB WebCam

WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna gres dan amatir. Mendukung kemudahan PnP ( Plug and Play ) dan sanggup dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung kemudahan USB port.


3. Firewire and Card Based WebCam

Firewire yaitu salah satu teknologi video capture device yang diharapkan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya WebCam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi sanggup menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 hingga 30 frame per second ( fps ).


4. Network and Wireless Camera

Network Camera yaitu perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali kemudahan komputer, lantaran sanggup pribadi terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan bunyi pribadi menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.


Fitur Webcam

Perlu diketahui, bahwasannya terdapat banyak jenis webcam yang bisa dipakai ketika ini. Beberapa di antaranya sanggup dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Berikut ini yaitu fitur umum yang diberikan oleh prangkat webcam :

  • Mikrofon
  • Kemampuan untuk digeser dan diubahsuaikan posisinya sesuai kebutuhan
  • Sensor yang terpasang secara built-in yang sanggup mendeteksi pergerakan yang ada di depannya
  • Lampu indikator yang ketika menyala berarti kamera tersebut tengah aktif


Fungsi Webcam

1. Berkomunikasi

Keberadaan webcam memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi secara langsung. Tidak hanya itu, kita juga sanggup dengan gampang melihat wajah lawan bicara kita.

Saat ini telah banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur menyerupai itu, beberapa diantaranya Skype, Google Hangout, Viber, facebook, camfrog dan lain sebagainya. Komunikasi dengan menggunakan webcam ini sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih yang lokasinya saling berjauhan atau ketika kita ingin menghubungi keluarga kita yang berada di luar negeri.


2. Belajar jarak jauh

Anda sanggup dengan gampang mencar ilmu dengan seseorang meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh, misal anda di Indonesia, lawan bicara anda di Amerika. Dengan adanya webcam ini, soal jarak tidak lagi menjadi masalah.

Melalui webcam ini, para murid atau pelajar sanggup bertanya pada guru mereka jikalau ada pertanyaan atau hal mengganjal seputar mata pelajaran sekolah. Webcam juga memungkinkan dilakukannya training atau training lewat Internet. Bahkan, sejumlah pihak menunjukkan jasa webinar atau seminar lewat web.


3. Konferensi jarak jauh

Ada kalanya perusahaan menggunakan webcam untuk melangsungkan konferensi jarak jauh. Mereka yang ada di lokasi jauh pun tak menjadi persoalan dan tidak akan ketinggalan konferensi yang berlangsung. Selain itu, dengan adanya konferensi video lewat webcam ini, antara manajer dan karyawan tidak harus berada di lokasi yang sama jikalau sedang diadakan meeting atau rapat.


Cara Kerja Webcam

Webcam merupakan sejenis kamera kompak yang sanggup dipasang ke komputer atau laptop guna menyiarkan video secara real-time alias live. Mirip dengan kamera digital pada umumnya, webcam bekerja dengan menangkap cahaya lewat lensa berukuran kecil di cuilan depan dengan pertolongan detektor cahaya mikroskopik yang terpasang pada microchip akseptor gambar, yang umumnya berteknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS image sensor.

Gambar yang didapat pun pribadi sanggup diolah secara digital dan disebarluaskan melalui internet. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital, sebuah webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card. Webcam dirancang untuk tidak perlu “menyimpan” gambar lantaran fungsi utamanya hanya merekam dan mengirimkan gambar yang diperoleh secara langsung.

Itu sebabnya salah satu jenis webcam ada yang menggunakan kabel USB di cuilan belakang. Kabel USB ini menyuplai listrik ke webcam dari komputer dan mengambil isu digital yang ditangkap oleh sensor webcam untuk diteruskan ke komputer.

Setiap webcam mempunyai fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan harga belinya. Beberapa webcam ada yang hanya bisa menangkap gambar membisu setiap 30 detik, ada juga yang mengatakan fitur video streaming dengan kecepatan 30 gambar per detik. Webcam gampang ditemui dan tersedia hampir di semua toko komputer dan retailer elektronik besar.


Aplikaksi (software) Webcam

  • ManyCam
  • Vitamin D
  • Play Camera
  • Home Camera
  • Yawcam
  • Camfrog
  • Dan masih banyak lagi